SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Panduan Pembelajaran Teknik Dasar Serangan Pencak Silat untuk Siswa Kelas VII SMPN 10 Malang

aniek nur hayati

Abstrak


ABSTRAK

Teknik dasar yang diajarkan pertama kali adalah serangan tangan pukulan dan serangan kaki tendangan. Dari 40 siswa kelas VII, 60% menyatakan pencak silat kurang menarik, pembelajaran yang diberikan sebatas teori dari lembar kerja siswa (LKS) yang minim konsep dan tanpa adanya praktik, sementara itu 100% siswa menyatakan membutuhkan panduan pencak silat yang mudah dipelajari dan menarik untuk membantu pembelajaran, sehingga perlu dikembangkan panduan pembelajaran sebagai pegangan guru penjasorkes dan sumber belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan buku panduan pembelajaran teknik dasar serangan pencak silat untuk siswa kelas VII. yang menarik dan mudah dipraktikkan. Diharapkan, pengembangan ini dapat membantu  guru dalam memberikan pembelajaran pencak silat pada siswa dalam penjasorkes. Merupakan jenis penelitian yang mengacu pada metode pengembangan  Borg dan Gall yang di sederhanakan yaitu: (1) mengumpulkan informasi: (a) mengkaji bahan pustaka, (b) analisis kebutuhan; (2) mendesain produk; (3) validasi desain; (4) revisi I; (5) uji coba tahap I (7 siswa) ; (6) revisi II; (7) uji coba tahap II (25 siswa); (8) produk akhir. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif yang diperoleh dari hasil penyebaran angket. Berdasarkan hasil penelitian, produk ini dapat digunakan ditinjau dari empat kriteria yaitu kegunaan, kemudahan, kemenarikan, dan keakuratan.

Kata kunci:  pembelajaran, teknik dasar “serangan”, pencak silat