SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

engembangan Model Latihan Kaki Renang Gaya Bebas Peserta Ekstrakurikuler Renang di SMK Prajnaparamita Kota Malang.

nico chandra nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Nico Chandra. 2011. Pengembangan Model Latihan Kaki Renang Gaya Bebas Peserta Ekstrakurikuler Renang di SMK Prajnaparamita Kota Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Kesehatan Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh Hari W M. Kes.

 

Kata Kunci: Pengembangan,  model latihan, gerak kaki, renang, Malang

Renang adalah suatu olahraga yang dilakukan di air, dengan cara menggerakan seluruh anggota badan, berenang di air saat ini digemari masyarakat layaknya olahraga pada umumnya, tetapi dalam olahraga renang ini harus dilakaukan dengan baik dan intensif, serta kontinyu agar memperoleh gerakan yang baik dan benar dalam berenang. Seiring dengan perkembangan renang yang pesat banyak sekolah memiliki ekstrakurikuler renang. Namun pada kenyataannya tidak sedikit juga para siswa peserta ekstrakurikuler renang yang belum mengerti teknik-teknik dasar dalam olahraga air ini, terutama dalam hal melakukan teknik dasar gerak kaki yang benar. Siswa yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler renang di SMK Prajnaparamita Kota Malang pada saat melakukan latihan maupun berenang, lebih banyak menggunakan teknik berenang mengapung sehingga kemampuan berenang siswa tidak nampak. Model adalah suatu bentuk tiruan dari aslinya dengan tujuan memperoleh sesuatu yang ideal dengan memperhatikan faktor potensi fisiologis, fasilitas, dan lingkungan sosial. Latihan adalah suatu proses kerja yang dilakukan secara kontinyu , berkesinambungan, dalam waktu yang panjang, dilakukan secara tepat dan berulang-ulang dengan tujuan meningkatkan kemampuan/keterampilan, dan meningkatkan kesegaran dan kebugaran jasmani.

Renang gaya bebas adalah suatu gerakan seluruh anggota badan yang dilakukan di air, gaya bebas ini banyak mengunakan gerakan kaki dan yang paling utama dibandingkan dengan gaya yang lainya. Namun pada prakteknya, untuk melakukan latihan renang gaya bebas siswa SMK Prajnaparamita pengikut ekstrakurikuler banyak yang masih belum bisa menguasai taknik gerak renang gaya bebas. Hal tersebut dikarenakan oleh faktor Model pelatihan yang diajarkan kurang variatif, sehingga anak kesulitan untuk belajar teknik berenang gaya bebas. Untuk itu peneliti perlu melakukan suatu cara agar siswa pengikut ekstrakurikuler  bisa lebih mudah mengusai teknik latihan gerak kaki renang gaya bebas. Tujuan penelitian pengembangan ini adalah untuk mengembangkan model latihan kaki pada peserta ekstrakurikuler renang di SMK Prajnaparamita Kota Malang.

Model Pengembangan dalam penelitian ini, merupakan penerapan dari Borg & Gall yaitu ada langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Pada pengembangan model latihan gerak kaki gaya bebas ini  melalui beberapa tahap antara lain adalah analisis kebutuhan, pembuatan produk awal, uji coba produk, revisi produk utama, uji lapangan dan revisi produk akhir. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta ekstrakurikuler renang SMK Prajnaparamita Malang dan penelitian ini dilaksanakan di kolam renang dieng pada bulan April 2011 sampai bulan Mei 2011, dari hasil penelitian pengembangan menunjukkan tanggapan peserta ekstrakurikuler sebesar 88.68% pada uji kelompok kecil dan 86.27% pada uji lapangan sehingga produk pengembangan dapat digunakan.

Hasil penelitian ini dapat berguna dan sangat bermanfaat sekali bagi peserta ekstrakurikuler renang di SMK Prajnaparamita Kota Malang, Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan agar: (1) Subyek penelitian sebaiknya dilakukan pada subyek yang lebih luas, baik itu dari faktor usia dan jumlah sekolah SMP dan SMA yang memiliki kegiatan ekstrakurikuler renang, (2) Hasil pengembangan ini hanya sampai tersusunnnya sebuah produk, belum sampai tingkat efektivitas produk yang dikembangkan, jadi sebaiknya dilanjutkan pada penelitian mengenai efektivitas produk yang dikembangkan, (3) Dianalisis tingkat efektivitas, dengan membandingkan dari beberapa bentuk model variasi latihan mana yang paling baik atau efektif dalam meningkatkan kemampuan keterampilan teknik dasar gerak kaki gaya bebas dalam berenang, (4) Buku pedoman model latihan gerak kaki gaya bebas ini untuk selanjutnya diharapkan bisa dikembangkan dalam bentuk VCD untuk lebih menarik minat siswa dan mempermudah pemahaman siswa tentang teknik dasar gerak kaki gaya bebas dalam berenang.