SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Juara 1 UKS Tingkat Nasional SDN Pandanwangi 1 Malang Tahun 2009

Christyanto Yudha Pratidina

Abstrak


ABSTRAK

 

Christyanto Yudha Pratidina. 2011. Profil Juara 1 UKS Tingkat Nasional SDN Pandanwangi 1 Malang Tahun 2009. Skripsi Jurusan Pendidikan Jasmani, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Lokananta Teguh Hari W, M.Kes.

 

Kata Kunci: UKS (Usaha Kesehatan Sekolah), Trias UKS, Pendidikan Kesehatan, Pelayanan Kesehatan, Pembinaan Lingkungan Sekolah Sehat.

Keinginan untuk selalu hidup sehat merupakan dambaan bagi kita semua karena lingkup kesehatan sangatlah luas, bisa meliputi sehat secara jasmani, rohani, lingkungan. Sekolah sebagai salah satu yang mempunyai peran penting dalam mewujudkan kesehatan seperti yang kita harapkan. Pendidikan kesehatan sekolah ini telah didapatkan sejak kita mengenal dunia sekolah, karena tak jarang di beberapa tempat sekolah taman kanak-kanak kita telah mendapatkan pengetahuan tentang kesehatan, salah satu  contohnya adalah bagaimana cara menggosok gigi yang benar. Walaupun belum terfokus namun tak dipungkiri banyak hal tentang kesehatan bisa diajarkan di sekolah taman kanak-kanak ini. Hal ini sesuai dengan sasaran pembinaan UKS yakni UKS dijalankan di pendidikan formal dan juga pendidikan non formal pada setiap jalur dan jenis pendidikan, mulai dari tingkat pra sekolah hingga Sekolah Menengah Atas termasuk perguruan agama dan lingkungannya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan profil SDN Pandanwangi 1 Malang dapat mencapai prestasi juara UKS Tingkat Nasional pada tahun 2009. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan lembar observasi kepada Kepala Sekolah SDN Pandanwangi 1 Malang, serta ditunjang oleh lembar triangulasi kepada guru, karyawan, siswa, wali murid SDN Pandanwangi 1 Malang dan Masyarakat sekitar SDN Pandanwangi 1 Malang.

Berdasarkan data observasi dari Kepala Sekolah SDN Pandanwangi 1 Malang, semua yang diinginkan tim pembina UKS Tingkat Jawa Timur telah dilaksanakan dengan  baik mulai dari strata minimal, standar, optimal hingga srata paripurna, bahkan SDN Pandanwangi 1 Malang dapat menerapkan program itu dengan lebih baik lagi, misalnya penerapan kantin kejujuran, pengolahan limbah air menjadi media pembelajaran melalui Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) di kolam. Serta pengolahan sampah menjadi kerajinan tangan sehingga dapat digunakan sebagai bahan layak pakai atau mempunyai nilai ekonomis.

Berdasarkan temuan tersebut disarankan: (1) bagi sekolah-sekolah yang lain, Hendaknya setiap sekolah tahu strata-strata pelaksanaan UKS sehingga jika melaksanakan UKS di sekolah tidak hanya menyediakan kasur dan obat-obatan saja, (2) bagi warga sekolah (Guru, Siswa, dan Karyawan), Peran serta warga sekolah menentukan pencapaian kualitas UKS untuk itu diharapkan untuk tidak mengerjakan kegiatan dengan setengah-setengah untuk mewujudkan UKS yang optimal.  (3) masyarakat dan Lembaga/Instansi, dukungan dari masyarakat sekitar dan lembaga/instasi yang ada sangat diperlukan bukan hanya terlibat langsung namun tak langsung pun diperlukan misalnya untuk tidak merokok di sekitar sekolah, (4) bagi jurusan, hendaknya menambah literautur tentang dunia kesehatan khususnya literatur tentang Usaha Kesehatan Sekolah, (5) bagi peneliti lanjutan, diharapkan penelitian ini dapat dilanjutkan dengan lebih mendalam dan lebih luas dan hendaknya melakukan pengembangan terhadap hasil penelitian ini melalui metode dan fokus yang berbeda serta melengkapi kekurangan yang ada.