SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bahan Pembelajaran Kognitif Lompat Jauh Gaya Lenting Untuk Kelas X Sma Negeri I Kepanjen Menggunakan Multimedia Interaktif

adin karyawan

Abstrak


ABSTRAK

 

Karyawan, Adin. 2011. Pengembangan Bahan Pembelajaran Kognitif Lompat Jauh Gaya Lenting Untuk Kelas X Sma Negeri I Kepanjen Menggunakan Multimedia Interaktif. Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Drs. Lokananta Teguh H.W, M.Kes.

 

Kata kunci: pengembangan, multimedia interaktif, lompat jauh gaya lenting.

Pendidikan merupakan kebutuhan bagi setiap manusia, sekolah menengah  atas adalah salah satu lembaga pendidikan formal di masyarakat yang bertujuan untuk pembinaan mutu sumber daya manusia. salah satu pendidikan yang diajarkan di sekolah menengah atas adalah pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan, Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan memilki tujuan untuk mencapai tujuan diperlukan media pembelajaran yang menarik berupa bahan ajar, komputer merupakan media pembelajaran modern 

Berdasarkan penelitian berupa analisis kebutuhan yang dilakukan peneliti melalui lembar kuisioner pada guru dan siswa di SMA Negeri 1 Kepanjen diperoleh hasil bahwa guru pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan mengajarkan materi lompat jauh dengan alokasi waktu 2 kali pertemuan dalam satu semester. Pada pembelajaran yang berupa praktik di lapangan, apabila terjadi hujan, maka pembelajaran dilakukan di ruangan kelas dengan pemberian teori. Guru mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan menggunakan LKS sebagai bahan ajar teori. Berdasarkan hasil angket terhadap siswa diperoleh data bahwa siswa belum pernah mendapatkan materi dari multimedia interaktif, serta di sekolah terdapat fasilitas belajar berbasis computer.

Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran berbasis komputer dalam bentuk mengembangkan  multimedia interaktif  mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan khususnya kompetensi dasar lompat jauh gaya lenting, yang diharapkan dapat membantu memberi kemudahan bagi siswa dalam memahami konsep dan teknik gerakan pada pembelajaran di SMA Negeri I Kepanjen kelas X..

Produk pengembangan berupa multimedia interaktif kompetensi dasar lompat jauh gaya lenting yang berisi konsep tentang sejarah atletik, sarana prasarana lompat jauh, peraturan pertandingan lompat jauh untuk menambah pengetahuan siswa, dan didalamnya juga terdapat video teknik gerakan lompat jauh gaya lenting yang diharapkan menarik minat siswa untuk mempelajari serta mudah memahami.

Metode pengembangan dalam penelitian ini menggunakan model pengembangan dari Borg and Gall. Instrumen pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini berupa angket kuesioner. Angket kuesioner diberikan pada ahli media, ahli atletik, ahli pembelajaran, uji coba (kelompok kecil) terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen sebanyak 9 siswa dan uji lapangan (kelompok besar) terhadap siswa kelas X SMA Negeri 1 Kepanjen sebanyak 45 orang.

Hasil tinjauan para ahli, dari ahli media menyatakan bahwa secara keseluruhan sudah baik, namun hendaknya diberi pengatur musik, video dan gambar sebaiknya diberi sumbernya. Tinjauan ahli atletik menyatakan bahwa seluruh aktivitas dan konsep materi terkait lompat jauh gaya lenting pada multimedia interaktif sudah sesuai dengan konsep yang sebenarnya. Dan tinjauan ahli pembelajaran menyatakan secara keseluruhan sudah bagus. Dari seluruh hasil tinjauan para ahli tersebut, maka dinyatakan bahwa produk yang dikembangkan sudah baik dan dapat digunakan untuk uji produk. Dari hasil uji coba (kelompok kecil) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar lompat jauh gaya lenting untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%. Sedangkan hasil uji lapangan (kelompok besar) diperoleh bahwa seluruh aspek dalam pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar lompat jauh gaya lenting untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%. Berdasarkan hasil  uji coba (kelompok kecil) dan uji lapangan (kelompok besar), maka diperoleh bahwa produk pengembangan multimedia interaktif kompetensi dasar lompat jauh gaya lenting untuk siswa kelas X di SMA Negeri 1 Kepanjen tersebut telah memenuhi kriteria baik yaitu antara 80-100%, sehingga dapat digunakan.

Hasil penelitian dan pengembangan ini hanya terbatas pada pengembangan produk, maka peneliti menyarankan agar dilakukan penelitian selanjutnya yang menguji tentang tingkat efektivitas produk yang telah dikembangkan.