SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Asesmen Ranah Afektif pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri

fajar dwi jayanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Jayanto, Fajar D. 2011. “Asesmen Ranah Afektif  pada Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan di SMP Negeri se-Kecamatan Pare Kabupaten Kediri” Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Prof. Dr. M. E. Winarno, M.Pd, (II) Drs.H. Agus Gatot, S. M.Kes

 

Kata kunci: asesmen, ranah afektif

Aspek  afektif  sangat  penting  dilakukan  asesmen  karena  sangat  berpengaruh terhadap perilaku siswa sehari-hari aspek afektif  juga  tidak kalah pentingnya dengan aspek  psikomotor  dan  aspek  kognitif.  Karena  aspek  afektif  dapat  melatih  sikap, mental,  kepribadian  dan  budi  pekerti  yang  luhur    sehingga  dalam  prakteknya  di masyarakat siswa dapat menerapkan sikap yang  sopan dan positif dalam melakukan tindakan apapun.

Tujuan penelitian  ini adalah untuk mengetahui dan mengkaji apakah asesmen  ranah afektif dalam mata pelajaran pendidikan  jasmani sudah dilaksanakan oleh guru pendidikan  jasmani  di  SMP  Negeri  se-Kecamatan  Pare  Kabupaten  Kediri  sudah menggunakan  standar  kompetensi  materi  pembelajaran  pendidikan  jasmani  dan kesehatan sesuai dengan KTSP.

Penelitian  ini menggunakan  rancangan  survey,  penelitian  ini  termasuk  jenism penelitian  deskriptif  kuantitatif  yang  menggambarkan  keadaan  yang  sebenarnya disertai data  yang berupa angka. Penelitian  ini dilakukan diseluruh SMP Negeri  se- Kecamatan Pare Kabupaten Kediri yang berjumlah 4 SMP Negeri. Subyek penelitian adalah  guru  mata  pelajaran  pendidikan  jasmani,  olahraga  dan  kesehatan  di  SMP Negeri  se-Kecamatan  Pare  Kabupaten  Kediri  yang  berjumlah  10  guru.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian  ini berupa  instrumen angket dan analisis data yang digunakan adalah teknik analisis persentase.  Berikut  adalah  penjelasan  persentase  hasil  asesmen  ranah  afektif  pada pembelajaran  pendidikan  jasmani,  olahraga  dan  kesehatan    dari  10  guru  yang mengajar di 4 SMP hanya 1 guru yang melakukan asesmen ranah afektif itupun hanya aspek  disiplin  yang  dinilai. Sedangkan  persepsi  guru  tentang  asesmen  ranah  afektif sangat besar nilainya yaitu aspek sportif sebanyak 77,91%, disiplin sebanyak 83,43%,  kerjasama  sebanyak  86,66%, Kemudian  diikuti  oleh  aspek  tanggung  jawab  82,5%,  percaya  diri  masing-masing  memperoleh  78,00  %  dan  aspek  kejujuran  sebanyak 83,33%.

Kesimpulan  dari  penelitian  ini  adalah  asesmen  ranah  afektif  seharusnya dilakukan oleh  semua guru pendidikan  jasmani olahraga dan  kesehatan berdasarkan KTSP. Guru pendidikan  jasmani olahraga dan kesehatan, dalam melakukan asesmen hendaknya  lebih memperhatikan  lagi pada aspek afektif, karena aspek afektif sangat berpengaruh dalam melatih kepribadian dan sikap siswa.

Saran  dari  penelitian  ini  adalah  Guru  pendidikan  jasmani  olahraga  dan kesehatan,  dalam  melakukan  asesmen  hendaknya  lebih  memperhatikan  lagi  padaaspek afektif, karena aspek afektif sangat berpengaruh dalam melatih kepribadian dan sikap  siswa,  siswa  juga    perlu  ditekankan  pada  aspek  afektif  supaya  siswa mempunyai  kepribadian  dan  budi  luhur  yang  baik  supaya  dapat  bertindak  sesuai dengan peraturan yang ada di sekolah, maupun kehidupan sehari-hari di masyarakat.