SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

SURVEI TENTANG DAYA TAHAN KARDIOVASKULER (VO2MAKS) DAN DAYA LEDAK TUNGKAI PADA TIM BOLABASKET PUTRA KLUB PRADYANA DINAMIKA MALANG KU-18

NURIA ARISTAR

Abstrak


ABSTRAK

 

Aristar, Nuria Hellianti. Survei tentang Daya Tahan Kardiovaskuler (VO2maks) dan Daya Ledak Tungkai pada Tim Bolabasket Putra Klub Pradyana Dinamika Malang KU–18. Skripsi, Jurusan Ilmu Keolahragaan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Mulyani Surendra, M.S, (2) dr. Rias Gesang Kinanti, M.Kes.

Kata kunci: survei, daya tahan kardiovaskuler (VO2maks), daya ledak,    bolabasket.

 

Dalam kurun waktu sejak berdiri hingga kini, tim putra klub Pradyana Dinamika Malang KU–18 belum mampu menunjukkan prestasinya. Hal ini berbanding terbalik dengan tim putri yang telah menorehkan prestasi baik dari tingkat regional hingga nasional. Prestasi tim putra sangat kurang memuaskan, mereka selalu kalah dari tim klub lain. Mereka hanya mampu bertahan di awal quarter, tetapi pada quarter selanjutnya tim putra KU-18 kesulitan menambah poin, sehingga memudahkan tim lawan untuk memenangkan pertandingan, kekalahan itu bisa disebabkan oleh kelelahan yang dialami pemain terutama pada menit-menit akhir, kurangnya kesegaran jasmani turut andil dapat menjadi penyebab kelelahan di antaranya adalah tingkat daya tahan kardiovaskuler (VO2maks) dan daya ledak tungkai yang kurang.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui daya tahan kardiovaskuler (VO2maks) dan daya ledak tungkai tim bolabasket Putra Klub Pradyana Dinamika Malang KU–18. Instrumen yang digunakan untuk mengukur tingkat daya tahan kardiovaskuler (VO2maks) dalam penelitian ini adalah tes lari multitahap dimana hasil data yang diperoleh adalah prediksi VO2maks. Instrumen yang digunakan untuk mengukur daya ledak tungkai dalam penelitian ini adalah tes vertical jump dan hasil data yang diperoleh adalah tinggi raihan maksimal.

Penelitian ini merupakan penelitian observasional. Subjek penelitian ini adalah seluruh anggota tim bolabasket putra klub Pradyana Dinamika Malang

KU–18 yang berjumlah 16 orang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini akan dianalisis secara deskriptif kuantitatif menggunakan rata-rata hitung dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat daya tahan kardiovaskuler atau prediksi kapasitas erobik maksimal (VO2maks) pemain bolabasket putra klub Pradyana Dinamika Malang KU–18 dari 16 sampel terdapat 6 pemain atau 31,25% dengan kategori kapasitas erobik maksimal baik dan 11 pemain atau 68,75% dengan kategori kapasitas erobik maksimal sedang. Rata-rata kapasitas erobik maksimal (VO2maks) tim bola basket Pradyana Dinamika Malang KU-18 yaitu sebesar 43,7 ml/kgbb/menit. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat daya tahan kardiovaskuler tim putra Pradyana Dinamika KU-18 termasuk dalam kategori sedang. Sedangkan untuk hasil penelitian daya ledak tungkai dapat dideskripsikan bahwa dari 16 sampel diperoleh data prediksi tinggi raihan sebagai berikut: 5 pemain atau 31,25% dengan kategori baik sekali, 4 pemain atau 25% dengan kategori baik, dan 7 pemain atau 43,75% dengan kategori cukup. Dari data tes lompat tegak diperoleh rata-rata prediksi raihan 21,53 inchi. Dengan demikian dapat disimpulkan tim bolabasket Pradyana Dinamika KU-18 memiliki tingkat daya ledak tungkai yang masuk dalam kategori baik.