SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN ALAT PENYANGGA MATRAS UNTUK PEMBELAJARAN GULING KE DEPAN SISWA KELAS VII SMP NEGERI 18 MALANG

Mohammad Imam Eko Widiyanto

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiyanto, Mohammad Imam Eko. 2011. Pengembangan Alat Penyangga Matras  Untuk Pembelajaran Guling Ke Depan Siswa Kelas VII SMP Negeri 18 Malang.  Skripsi, Jurusan Pendidikan  Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II) Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Kata kunci: Pengembangan, Alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan.

Salah satu aktivitas senam yang diajarkan di SMP adalah senam lantai guling ke depan, agar siswa  dapat melakukan guling ke depan dengan baik maka, guru selain menguasai materi juga harus memiliki strategi pembelajaran yang sesuai dan dapat menunjang pembelajaran guling ke depan sebagai pedoman pembelajaran yang dilakukan. Hal itu perlu diadakan suatu pemecahan masalah dengan alternatife dengan menggunakan alat bantu yang berupa penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan agar siswa berani dan mudah melakukan guling ke depan.

Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode penelitian dan pengembangan dari Borg and Gall (1983:775), peneliti tidak menggunakan keseluruhan tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan alat pembelajaran guling ke depan sebagai berikut: 1) melakukan penelitian awal dan pengumpulan informasi pembelajaran guling ke depan siswa-siswi kelas VII SMP Negeri 18 Malang, 2) menyusun rancangan produk berupa pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan yang dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan senam, 3) mengembangkan bentuk produk awal berupa alat penyangga matras untuk pembelajaran  guling ke depan setelah dievaluasi oleh ahli pembelajaran dan ahli senam, 4) melakukan uji coba kelompok kecil (dilakukan pada siswa-siswi kelas VII di SMP Negeri 18 Malang dengan menggunakan 7 subyek), 5) melakukan revisi terhadap produk awal (sesuai hasil uji coba kelompok kecil dan saran para ahli), hasil revisi merupakan produk utama, 6) melakukan uji lapangan (kelompok besar, dilakukan pada siswa-siswi kelas VII  di SMP Negeri 18 Malang  dengan menggunakan 35 subyek) terhadap produk utama, 7) melakukan revisi terhadap produk utama berdasarkan hasil uji coba lapangan dan evaluasi dan saran-saran para ahli, sehingga diperoleh produk akhir.

Berdasarkan hasil analisis data uji coba kelompok kecil terhadap 7 orang siswa dan uji coba kelompok besar terhadap 35 orang siswa kelas VII SMP Negeri 18 Kota Malang alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan dinyatakan dapat digunakan. Produk pengembangan alat penyangga matras untuk pembelajaran guling ke depan, diharapkan dapat dijadikan alat bantu oleh guru pendidikan jasmani dalam memberikan materi guling ke depan.

 

ABSTRACT

 

Widiyanto, Mohammad Imam Eko. 2011. Development of Tools Support Mattress to Forward Roll Learning toward Students of Seven Grade at SMP Negeri 18 Malang. Thesis, Thesis,Department of Physical Education and Health, Faculty of Sport  Science State  University of Malang. Advisors: (I) Drs. Heru Widijoto, M.S (II), Drs. Tatok Sugiarto, S.Pd., M.Pd.

 

Keywords: Development, tools support mattress to forward roll learning toward students.

One of the gymnastic activity to be taught is forward roll gymnastic, in order to make the students doing this activity properly the teacher should capable in term of materials and also the strategies as a training manual for the students. Because of that, there is a solution to solve this problem in order to make the students become easier and more brave to forward roll.

This research is development research based on Borg and Gall (1983:775), researcher did not use all the steps but only used 7 steps. Those steps were: 1) doing research and gaining the information of forward roll learning of the students at SMP Negeri 18 Malang in grade VII, 2) arranging product plan like the development of tool to forward roll which was evaluated by experts of gymnastic, 3) developing the first product of the tool of forward roll  which was evaluated by the experts of gymnastic, 4) doing test to small group ( students grade VII at SMP Negeri 18 Malang), 5) revising toward the product ( the result has been evaluated by the experts of the gymnastic). The revision was the first product, 6) doing field test ( large group of the student at the seven grade of SMP N 18 Malang consists of 35 students ) toward the prime product, 7) revising the prime product based on the result of the field test and evaluation of the experts, then the researcher got the final product.

Based on the analysis of the test toward the small group which consists of 7 students and large group which consists of 35 students of seven grade students of SMP 18 Malang the tools of forward roll successfully used for gymnastic activities.  Hopefully the development of  tools support mattress to forward roll can be one of the tools of the teacher ihe teaching and learning process of the material of the fore roll.