SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tentang Motivasi Supporter Aremania seKecamatan Singosari Dalam Mendukung Kesebelasan Arema

Alvano Karunia Perdana

Abstrak


ABSTRAK

 

Supporter Aremania saat mendukung klub Arema didorong oleh motivasi tertentu, diantaranya adalah kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, dan kebutuhan penghargaan. Berkaitan dengan hal tersebut maka masalah yang dirumuskan dalam penelitian ini adalah ”bagaimanakah motivasi supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung kesebelasan Arema yang di lihat dari kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, dan kebutuhan penghargaan”.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui motivasi supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung kesebelasan Arema yang di lihat dari kebutuhan keamanan, kebutuhan sosial, dan kebutuhan penghargaan.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dengan survei. Instrumen dalam pengumpulan data digunakan angket dengan analisis statistik deskriptif kuantitatif dengan persentase.

Populasi dan sampelnya adalah supporter Aremania dalam mendukung kesebelasan Arema yang berada di Kecamatan Singosari (Korwil Karanglo, Korwil Rogonoto, Korwil Song-Song, Korwil Tumapel dan Korwil Watu Gede) yang berjumlah 50 responden.

Hasil penelitian menunjukan bahwa Survei Tentang Motivasi Supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung kesebelasan Arema, adalah: (1) kebutuhan keamanan akan keselamatan jiwa dan raga, sangat baik dengan hasil 76% menyatakan sangat setuju, (2) kebutuhan sosial akan perasaan ikut serta dalam mendukung pemain-pemain Arema saat bertanding, sangat baik dengan hasil 76% sangat setuju, dan (3) kebutuhan penghargaan akan dihargai oleh sesama supporter Aremania, cukup baik dengan hasil 72% menyatakan sangat setuju.

Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat ditarik kesimpulan bahwa penelitian yang berjudul Survei Tentang Motivasi Supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung kesebelasan Arema, menunjukan adanya (1) Motivasi supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung kesebelasan Arema yang paling dominan adalah kebutuhan keamanan, (2) Motivasi supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung daya juang kesebelasan Arema yang paling dominan kedua adalah kebutuhan sosial, dan (3) Motivasi supporter Aremania seKecamatan Singosari dalam mendukung daya juang kesebelasan Arema yang paling dominan ketiga adalah kebutuhan penghargaan.