SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan VCD PembelajaranSenamTaeboSiswaKelas XII Semester II Di SMA 1 Panarukan

tizar angga prawira

Abstrak


ABSTRAK

 

AnggaPrawira, Tizar. 2011. Pengembangan VCD PembelajaranSenamTaeboSiswaKelas XII Semester II Di SMA 1 Panarukan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmanidan Kesehatan Fakultas Ilmu KeolahragaanUniversitas Malang.Pembimbing: (I) Dra. Sulistyorini, M.Pd, (II) Drs. Oni BagusJanuarto, M.Kes.

 

Kata kunci: Pengembangan, VCD, SenamTaebo, Siswakelas XII semester II SMA 1Panarukan.

Pada saat ini senam yang paling populer di Indonesia yaitu senam aerobik karena senam aerobik merupakan gabungan gerakan-gerakan yang energik dan selalu kreatif. Latihan senam aerobik memberi banyak manfaat, antara lain meningkatkan daya tahan jantung, paru-paru, menguatkan otot-otot tubuh, kelenturan, dan membakar kalori. Senam sembari mendengarkan musik memberi efek yang teramat positif selain memompa semangat juga memberi rasa rileks. Seiring dengan perkembangan jaman senam aerobik juga memiliki banyak variasi gerakan salahsatunya dinamakan senam taebo. Tidak terkecuali juga di SMA 1 panarukan yang setiap akhir semester untuk kelas XII selalu dilakukan tes senam aerobik. Untuk menambah variasi gerakan senam aerobik siswa peneliti bertujuan untuk mengembangkan VCD pembelajaran dengan variasi gerakan yang beda yaitu senam taebosehingga diharapkan dengan adanya VCD pembelajaran ini siswa bisa mengerti bahwa masih banyak variasi gerakan pada senam aerobik.

Dalam penelitian ini peneliti tidak menggunakan keseluruhan model pengembangan dari sepuluh langkah penelitian pengembangan dari Borg and Gall, tetapi hanya menggunakan 7 langkah. Adapun 7 langkah yang dipilih oleh peneliti untuk pengembangan VCD pembelajaransenamtaebo adalah sebagai berikut: 1)Melakukanpenelitiandanpengumpulan data informasitermasukkajianpustakadanobservasilapangan, 2) Mengembangkan bentuk produk awal beruparancanganproduk, 3) Evaluasi para ahli dengan kualifikasi yaitu, 1 ahli senamtaebo, 1 ahli media, dan 1 ahlipembelajaran, 4) Revisi produk pertama (sesuai dengan saran-saran dari evaluasi para ahli dan uji coba kelompok kecil), 5) Uji coba lapangan (pada 1 sekolah menggunakan 30-100 subjek), 6) Revisi produk akhir (sesuai dengan saran-saran dari hasil uji lapangan) 7) Hasil akhir produk pengembangan VCD pembelajaransenamTaebosiswakelas XII semester II di SMA 1 Panarukan. Dan tehnikanalisis data yang digunakanadalahanalisiskualitatifdandeskriptifberupapersentase.

Hasil pengembangan ini berupa VCD PembelajaranSenamTaebo. Diharapkan hasilproduk ini dapat diujicobakan kepada lingkup yang lebih luas dan dapat disosialisasikan kepada sekolah menengah atas dan lembaga pendidikan yang terkait sehingga dapat digunakan sebagaimana mestinya.