SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Minat Siswa SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal.

Dhanang Jalu Wibowo

Abstrak


ABSTRAK

 

Wibowo, Dhanang Jalu. Survei Minat Siswa SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun Terhadap Kegiatan Ekstrakurikuler Futsal. Skripsi, Fakultas Ilmu Keolahragaan Jurusan  Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Mahmud Yunus, M.Kes (II) Dr. Slamet Raharjo, M.Or

 

Kata kunci: Ekstrakurikuler, Minat Futsal, mengaktualisasikan diri, rasa senang, ketertarikan, kebutuhan penghargaan dan harga diri

 

Futsal merupakan olahraga yang baru dikalangan pelajar khusunya siswa di SMAN 1 Geger. Olahraga ini banyak dilakukan saat pelajaran jasmani maupun saat jam istirahat serta setelah pulang sekolah dalam bentuk ekstrakurikuler. Dalam kegiatan ekstrakurikuler futsal yang ada di SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun cukup banyak siswa yang mengikuti kegiatan ini. Akan tetapi hal diatas bertolak belakang dengan prestasi yang didapat oleh para siswa.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat siswa SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun terhadap kegiatan ekstrakurikuler futsal berdasarkan variabel (1) keinginan mengaktualisasikan diri, (2) rasa senang, (3) ketertarikan, (4) kebutuhan penghargaan dan harga diri.

Rancangan penelitian menggunakan deskriptif kuantitatif. Data diperoleh dengan instrumen angket tertutup, dengan jumlah responden 34 orang (keseluruhan dari anggota ekstrakurikuler futsal). Pilihan jawaban berbentuk scala lickhert dengan empat pilihan. Pilihan jawaban Sangat Setuju (SS) = skor 4, Setuju (S) = skor 3, Tidak Setuju (TS) = skor 2, Sangat Tidak Seutuju (STS) = skor 1. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik total sampling. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif dengan rumus persentase.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari 34 siswa yang dijadikan responden di SMAN 1 Geger adalah sebagai berikut: (1) keinginan mengaktualisasikan diri diperoleh persentase sebesar 84,55% , (2) rasa senang, didapat persentase sebesar 69,00%, (3) ketertarikan diperoleh respon dari siswa sebesar 65,93%,  (4) kebutuhan akan penghargaan dan harga diri diperoleh sebesar 56,49%. Kesimpulan penelitian ini adalah minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal berdasarkan keinginan aktualisasikan diri dengan persentase 84,55% masuk dalam kategori baik.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disarankan bagi SMAN 1 Geger Kabupaten Madiun agar meningkatkan sarana dan prasarana ekstrakurikuler. Serta Sekolah memberikan sebuah penghargaan khususnya kepada para peserta ekstrakurikuler futsal.