SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2008

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan BMI dan aktivitas olahraga dengan tingkat kapasitas oksigen maksimal (VO2 maks) pada polisi lalu lintas Polresta Malang

Yunita Fitria Lenvie

Abstrak


Aktivitas seorang polisi lalu lintas sangat beresiko terpapar polusi yang dapat menggangu kinerja dari seorang polisi lalu lintas. Selain itu terdapat realita bahwa banyak polisi lalu lintas yang mempunyai masalah tentang obesitas. BMI diatas normal sendiri dapat menggangu kinerja Polantas karena efek dari BMI tidak normal bisa dikatakan obesitas yng juga dapat mengakibatkan orang malas bergerak, cepat lelah, sering mengantuk. Kelebihan BMI yang memiliki indikator obesitas juga dapat menyebabkan terkena penyakit jantung, hipertensi. Tujuan dari penelitian disini yaitu peneliti ingin mengetahui ada hubungan BMI dengan tingkat  dan seberapa besarkah hubungan dan efek apa saja yang terjadi pada orang orang Memiliki BMI tidak normal terutama pada kesehatan dan kebugaran pada anggota Polisi Lalu lintas Polresta Malang yang memiliki kegiatan yang padat yang diharapkan memiliki tubuh yang sehat.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, bentuk rancangan penelitian korelasional, dengan menggunakan sampel 22 dari 46 anggota Polisi lalu lintas dengan kriteria setatus kesehatan,dan kadar Hb normal. Instrumen yang digunakan yaitu berupa angket responden untuk menentukan sampel dan melihat BMI dan  prosedur pengukuran  mengunakan tes lari multistage. Kegiatan analisis data dimulai dari mengidentifikasi data dari angket kemudian ditarik kesimpulan sementara untuk menggambarkan keadaan sampel penelitian.

Bahwa nilai rata-rata   polisi lalu lintas Polresta Malang yang termasuk BMI tidak normal lebih rendah dari pada polisi yang memiliki BMI normal. Selain itu Polisi lalu lintas Polresta malang yang memiliki BMI lebih dari 25 dan tidak melakukan aktivitas olahraga teratur cenderung mempunyai  yang lebih rendah.
Bagi Angota Polisi lalu lintas Polresta Malang  diharapkan lebih memperhatikan tingkat kesehatan dan kebugaran untuk kelancaran dalam melaksanakan tugas.