SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Survei Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks) Atlet Putra Klub Bolavoli Gajayana Malang

VIAN ARIES SOLIHIN

Abstrak


ABSTRAK

 

Survei Tingkat Kapasitas Oksigen Maksimal (VO2 Maks)

Atlet Putra Klub Bolavoli Gajayana Malang

 

Di samping penguasaan teknik bermain harus dimiliki oleh para atlet,  atlet tersebut juga harus memiliki kondisi fisik atau kesegaran jasmani yang baik sebagai salah satu syarat untuk mencapai prestasi. Salah satu kondisi fisik tersebut adalah VO2 maks. Meskipun bukan merupakan satu-satunya  faktor untuk mencapai prestasi, tetapi VO2 maks ini sangat penting untuk daya tahan atlet dalam melakukan latihan.

Pada klub Gajayana Malang, belum pernah dilakukan pengukuran tingkat VO2. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengukur tingkat kapasitas aerobik maksimal atlet bolavoli Gajayana Malang.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan subjek 18 atlet putra klub bolavoli Gajayana Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan tes lari multitahap yang dikonversikan pada tabel prediksi VO2 maks serta dikategorikan berdasarkan usia.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa prediksi kapasitas aerobik maksimal atlet putra bola voli Gajayana Malang sebanyak 18 atlet sebagai berikut: tidak terdapat atlet yang dapat memenuhinya kategori baik sekali atau 0%, 4 atlet atau 22.2 % dengan kategori kapasitas aerobik maksimal baik, 10 atlet  atau 55.5% dengan kategori kapasitas aerobik maksimal sedang, 3 atlet atau 16.6% dengan kategori kapasitas aerobik maksimal kurang, dan 1 atlet atau 5.5% dengan kategori kapasitas aerobik maksimal sangat kurang. Rata-rata prediksi kapasitas oksigen maksimal (VO2 Maks) atlet putra klub bolavoli Gajayana Malang adalah 41.9 ml/kg bb/mnt, sehingga dapat disimpulkan bahwa rata-rata tingkat kesegaran jasmani atlet putra klub bolavoli Gajayana Malang adalah sedang.

Oleh karena itu disarankan kepada atlet, agar selalu memperhatikan tingkat kesegaran jasmaninya dan meningkatkan VO2 maks sehingga mencapai standar VO2 maks seorang pemain bolavoli.