SKRIPSI Jurusan Ilmu Keolahragaan - Fakultas Ilmu Keolahragaan UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Bentuk Latihan Kombinasi Ball Handling dengan Dribble pada Tim Ekstrakurikuler Bolabasket SMP Marsudisiwi Malang

Bara Bangkit

Abstrak


ABSTRAK

 

Bara Bangkit Ari Rachman Prasetya. 2010. pengembangan  bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble pada tim ekstrakurikuler bolabasket di SMP Marsudisiwi Malang, Skripsi, Jurusan Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr.Saichudin M. Kes, (II) Dra. Sri Purnami M.Pd.

 

Kata kunci: pengembangan, bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble.

Dribble adalah teknik dasar yang sangat penting dalam permainan bolabasket. Ball handling ditujukan agar pemain memiliki pengenalan dan kontrol bolabasket yang baik. Dalam latihan dribble khususnya dribble di tempat, pemain terkadang mengalami kejenuhan dalam latihan sehingga peserta latihan tidak bisa berlatih dengan baik. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan bentuk latihan yang bervariasi. Oleh karena itu perlu dikembangkan bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble.

Tujuan dari penelitian pengembangan bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble ini adalah untuk meningkatkan keterampilan dribble siswa dengan latihan yang lebih baik, bervariasi, dan mudah dilakukan siswa.

Prosedur pengembangan bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble melalui tahap-tahap sebagai berikut: 1.Analisis Kebutuhan 2. Pembuatan Produk Awal 3. Revisi Produk Awal 4.Uji Coba Produk 5.Revisi Produk Uji Coba 6.Uji Coba Lapangan 7.Revisi Produk Akhir 8. Hasil Akhir.

Lokasi penelitian dilakukan di SMP Marsudisiwi Malang. Sasaran pebelajar adalah siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Marsudisiwi Malang. Subyek uji coba terdiri dari 1) tinjauan ahli, terdiri dari 3 orang ahli yaitu 1 ahli pengembangan dan 2 ahli kepelatihan bolabasket, 2) uji kelompok kecil adalah menggunakan 12 siswa ekstrakurikuler bolabasket SMP Marsudisiwi Malang, 3) uji lapangan yang terdiri dari 30 siswa ekstrakurikuler bolabasket SMPK Marsudisiwi Malang.

Dari pengembangan dan prosedur yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil pengembangan bentuk latihan kombinasi ball handling dengan dribble pada tim ekstrakurikuler bolabasket di SMP Marsudisiwi Malang.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan untuk diujicobakan pada sekolah-sekolah atau klub-klub bolabasket yang lebih banyak sehingga dapat diketahui keefektivitasan produk. Penelitian ini hanya sebatas suatu bentuk latihan, jadi lebih baiknya apabila ada suatu pengembangan VCD untuk memperjelas produk ini.