SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP FENOMENA PLURALISME MENGGUNAKAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING

Ayustina Fauziah mahardini

Abstrak


ABSTRAK

Globalisasi yang selalu menjadi trend dan menimbulkan perbedaan di setiap negara itu merupakan tantangan nyata yang harus dihadapi setiap individu. Perbedaan baik secara sosial, budaya, dan agama. Perbedaan tersebut akan membawa dampak yang berbeda-beda pada setiap idividu dalam  menyikapinya. Untuk mengatasi hal tersebut, maka  munculah suatu gagasan yakni Pluralisme. Pluralisme sendiri memiliki arti yaitu suatu gagasan , dimana membentuk suatu kelompok-kelompok yang menunjukan rasa saling menghargai dan menghormati antar satu sama lain. Gagasan tersebut agar menciptakan suatu rasa toleransi antar masyarakat. Sehingga membentuk rasa nyaman, adil, dan tentram dalam masyarakat. Metode yang tepat digunakan dalam memperoleh hasil penelitian ini yakni digunakannya metode studi kasus. Dimana fokus utama dari studi kasus yakni terletak pada bagaimana dampak perilaku individiu terhadap kondisi serta pengaruh terhadap lingkungannya. Serta, pembelajaran Contextual Teaching and Learning merupakan metode yang saya ambil dalam  pemecahan masalah tersebut. Fenomena pluralisme yang sangat marak di Indonesia pada khususya ini memiliki pandangan yang cukup negatif , apabila para siswa (pada khususnya) tidak dibekali pengetahuan yang cukup mengenai apa sih pluralisme itu dan bagaimana paham yang plural tersebut. Karena siswa harus mampu menyangkut pautkan hubungan pembelajaran dikelas dengan permasalahan yang sedang terjadi di pengalaman nyata. Pembelajaran yang menuntut siswa akif dan kreatif ini segala sesuatunya berpusat pada siswa agar siswa dapat memecahkan masalah dengan sendirinya.

Kata Kunci : sosial, budaya, agama, pengalaman nyata, berpusat pada siswa, kreatif dan aktif, pemecahan masalah