SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pemenuhan Hak-hak Narapidana Menurut Pasal 14 Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 Tentang Pemasyarakatan Kelas 1 Kota Malang

Riza Muhamad Agus

Abstrak


ABSTRAK

Riza, Muhamad Agus. 2018. Pemenuhan Hak-Hak Narapidana menurut Pasal 14 Undang-Undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Rusdianto Umar, SH,. M.Hum., (II) Dr.Hj. Yuniastuti,SH,. M.Pd

Kata kunci: Hak, Narapidana, dan Lembaga Pemasyarakatan

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk pemenuhan hak-hak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang, kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang dalam pemenuhan hak-hak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang, serta mengetahui upaya Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang untuk mengatasi kendala dalam pemenuhan hak-hak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal ini menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder untuk mengumpulkan data. pelaksanaan penelitian ini peneliti turun langsung ke lapangan sebagai pihak pertama pengumpul data.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemenuhan hak-hak bagi narapidanayang dilaksanakan di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang adalah perawatan rohani dan jasmani, makanan yang layak, kesehatan, menyampaikan keluhan, beribadah menurut agamanya, remisi, pembebasan bersyarat, cuti bersyarat, cuti mengunjungi keluarga, cuti menjelang bebas, pendidikan, dan mengikuti siaran media massa. Kendala-kendala yang dihadapi oleh pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang meliputi:

(a). petugas yang terbatas.

(b). over kapasitas.

(c) sarana dan prasarana yang kurang memadai.

(d) koordinasi dengan pihak luar yang sulit.

(e). berkas-berkas yang tidak terpenuhi. Untuk mengatasi kendala yang ada pihak Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang mengajukan permohonan penerimaan pegawai, melakukan pembinaan yang lebih terstruktur agar pembinaan bisa maksimal dan menyeluruh, memaksimalkan sarana dan prasarana yang sudah ada, memanfaatkan petugas dan juga narapidana yang sesuai dibidangnya, dan menghubungi pihak keluarga untuk bersedia mengirim berkas-berkasnya.

 

Saran yang dapat dikemukakan sehubungan dengan penelitian ini adalahpemenuhan hak-hak bagi narapidana di Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang sudah terpenuhi, namun perlu ditingkatkan lagi dalam hal sarana dan prasarana karena masih sangat kurang mengingat jumlah narapidana yang over kapasitas.Selanjutnya bagi narapidana harus selalu mengikuti kegiatan dan tata aturan yang telah tetapkan oleh Lembaga Pemasyarakatan Klas 1 Malang agar pelaksanaan pemberian hak-hak narapidana bisa terlaksana dengan baik.