SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN SANGGAR PATRIA LOKA DALAM MEMPERKUAT KETAHANAN BUDAYA MELALUI PELESTARIAN WAYANG WONG DI KOTA BLITAR

maretha puspa wulandari

Abstrak


Abstrak

Sanggar “Patria Loka” merupakan salah satu dari karya budaya yang tetap ada dan mengikuti perkembangan zaman, merupakan sanggar budaya yang berbentuk paguyuban berkecimpung di dunia seni Tari, Karawitan dan Pedalangan. Sanggar Patria Loka merupakan satu- satunya sanggar yang nguri- nguri kesenian wayang wong di Kota Blitar dan kerap ada pementasan di beberapa festival atau pagelaran budaya. Penelitian ini bertujuan untuk:

(1) Bagaimana kegiatan Sanggar Patria Loka dalam pelestarian wayang wong di kota Blitar;

(2) Bagaimana kendala dan upaya mengatasi kendala yang dihadapi  Sanggar Patria Loka dalam melestarikan kesenian wayang wong di kota Blitar;

(3) Bagaimana implikasi pelestarian wayang wong di Sanggar Patria Loka terhadap ketahan budaya di kota Blitar.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif yang bertujuan memberikan penjelasan atau penjabaran terkait dengan data-data yang telah dikumpulkan. Jenis penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu deskriptif kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada saat ini berdasarkan data-data. Penelitian yang dilakukan dengan teknik pengumpulan data secara langsung yakni menggunakan:

(1) Wawancara;

(2)  Observasi;

(3) Dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kualitatif secara interaktif antara lain:

(1) Conclu Data Reduction (Reduksi Data);

(2) Data Display ( Penyajian Data);

(3)  Conclusion Drawing/ Verification. Teknik pengecekan keabsahan data meliputi :

(1) Meningkatkan Ketekunan;

(2) Triangulasi.

Adapun hasil penelitian ini antara lain:

(1) Kegiatan Sanggar Patria Loka dalam Melestarikan Kesenian Wayang Wong di Kota Blitar. Memberikan informasi kepada anggota sanggar khususnya dan masyarakat akan pentingnya melestarikan kesenian wayang wong agar tidak hilang. Sedangkan memberikan informasi kepada masyarakat  saat  pengantar sebelum pentas, melaui sinopsis, sambutan sambutan sebelum pentas akan pentingnya melestarikan kesenian wayang wong, dan juga melalui selebaran atau pamflet;

(2) Kendala dan Upaya Mengatasi Kendala yang Dihadapi Sanggar Patria Loka dalam Melestarikan Kesenian Wayang Wong.  Kendala yang dihadapi sanggar Patria Loka sebagai berikut: (a) Pengaruh dari globalisasi; (b) Keterbatasan Sumber Pendanaan; (c) Penonton; (d) Waktu; (e) Kesulitan dalam mempelajari wayang wong.

(3) Implikasi Pelestarian Wayang Wong di Sanggar Patria Loka Terhadap Ketahanan Budaya di Kota Blitar. Kriteria ketahanan budaya yang telah diuraikan sebelumnya akan diuraikan lebih lanjut dalam bahasan berikut : (a) Kesenian wayang wong sebagai identitas budaya bangsa; (b) Kemampuan menjaga keaslian kesenian wayang wong di era globalisasi; (c) Eksistensi kesenian wayang wong dalam menghadapi era globalisasi.

Dari temuan penelitian, pembahasan, dan kesimpulan tersebut peneliti memberikan saran tentang Peran Sanggar Patria Loka dalam Melestarikan Kesenian Wayang Wong dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Budaya di Kota Blitar yaitu:

(1) Sanggar : Supaya kesenian wayang wong dapat terus lestari dan berkembang sebaiknya antara masyarakat, Sanggar Patria Loka dan Pemerintah terus meningkatkan kerjasama yang baik;

(2) Pemerintah : Pemerintah sebaiknya lebih memperhatikan kesenian tradisional termasuk kesenian wayang wong agar nantinya kesenian tersebut tidak hilang seiring perkembangan zaman;

(3) Masyarakat : Supaya kesenian wayang wong terus dilestarikan , masyarakat sebaiknya ikut serta dalam pelestarian, pihak sanggar ikut mengajak masyarakat untuk mempelajari kesenian wayang wong agar nantinya dapat diwariskan kepada generasi selanjutnya.

Kata Kunci: Kegiatan Sanggar Patria Loka, Kendala dan Upaya Mengatasi, Implikasi Wayang wong.