SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penguatan Nilai Karakter Anti Korupsi MelaluiImplementasi Electronic Café (E-Café) Bhawikarsudi SMA Negeri 3 Malang

ILHAM CHOIRI

Abstrak


ABSTRAK

Ilham, Choiri. 2019. Penguatan Nilai Karakter Anti Korupsi MelaluiImplementasi Electronic Café (E-Café) Bhawikarsudi SMA Negeri 3 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, JurusanHukum dan Kewarganegaraaan, FakultasIlmuSosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Drs. H. Suparman AW, S. H. M.Hum (2) Dr. Nuruddin Hady, S.H, M.H.

Kata Kunci: Electronic Café (E-Café) Bhawikarsu,Nilai Karakter Anti Korupsi, SMA Negeri 3 Malang

Electronic Café (E-Café) Bhawikarsuadalahpengembangan program kantinkejujuran yang berasaldariKementerian Pendidikan Nasional yang bekerjasamadengankomisipemberantasankorupsi (KPK) dalamupayauntukmenanamkansekaligusmenguatkannilaikarakter anti korupsi. Electronic Café (E-Café) Bhawikarsuinimemuatkonseppendidikannilai yang menekankan pada pembiasaankarakter anti korupsi pada pesertadidik. Usaha yang dilakukanuntukmenanamkannilaitersebut, dapatdikembangkandalamranahpendidikankhususnyasekolah. Sekolahmemerlukanpengelolaanyanbaik agar pesertadidikmenjadibermutu dan berkarakter.

Penelitianinidilaksanakandengantujuanuntuk

(1) mengetahuilatarbelakangberdirinyaelectronic café (e-café) bhawikarsu di SMA negeri 3 Malang dilihatdaripenguatankarakter anti korupsi,

(2) mengetahuioperasional electronic café (e-café) bhawikarsu di SMA negeri 3 Malang yang dapatmendukungpembentukankarakter anti korupsi,

(3) mengetahuipenguatannilaikarakter anti korupsimelaluiimplementasi electronic café (e-café) bhawikarsu di SMA negeri 3 Malang,

(4) mengetahuihambatan dan solusisekolahdalampenguatannilaikarakter anti korupsimelaluiimplementasielectronic café (e-café) bhawikarsu di SMA negeri 3 Malang.

Penelitianinimenggunakanpendekatanpenelitiankualitatif yang bersifatdeskriptif. Prosedur yang dilakukanuntukmengumpulkan data adalahdenganteknikobservasi, teknikwawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakanuntukmengumpulan data berupa instrument manusia, yaitupenelitisendiri. Kegiatananalisis data dimulaidarireduksi data, penyajian data, dan menarikkesimpulan. Untukmenjagakeabsahan data dilakukan uji kredibilitasdenganpeningkatanketekunandalampenelitian dan triangulasi. Pemilihanlokasi SMAN 3 Malang sebagaitempatpenelitianadalahberdasarkanpertimbanganadanyaElectronic Café (E-Café) Bhawikarsuyang dijadikansebagaiprogram unggulansekolah.

Temuanpenelitiandalampenelitianinimenghasilkanempatpembahasan , yaitu

(1) latarbelakangterbentuknyaelectronic café (e-café) bhawikarsu di SMA negeri 3 Malanginiawalnyaadalahpengembangan program dari Kementerian Pendidikan Nasional yang bekerjasamadengankomisipemberantasankorupsi (KPK) dan sebagai media pembelajaranpendidikankarakter,

(2)operasional dan pelaksanaanelectronic café (e-café) bhawikarsusebagaipenguatannilaikarakter anti korupsisiswa di SMAN 3 Malang inidikelolasepenuhnya oleh pihaksekolah,

(3)Penguatannilaikarakter anti korupsi yang dilakukan di electronic café (e-café) bhawikarsuyaitupara pembeliharusbersikap dan berperilakujujur, disiplin, mandiridalammemilih, mengambil dan membayarbarang yang diinginkan. Serta denganmengedepankansikapbertanggungjawabpenuhatastindakan dan perbuatan yang telahdilakukan,

(4)hambatanpelaksanaanelectronic café (E-Café) bhawikarsuadalahperubahankonsepelectronic café (E-Café) bhawikarsu yang menyesuaikandengankebutuhansekolah, adanyagangguan oleh sistem dan kelistrikansertasistemelectronic café (E-Café) bhawikarsubelummampumengantisipasikecurangan. Solusiatashambatan yang telahdihadapitersebutadalahmelakukanevaluasipelaksanaan program electronic café (E-Café) bhawikarsu dan menjalankan tata tertibsertaperaturan yang ada di electronic café (E-Café) bhawikarsu di SMAN 3 Malang.

Saran yang dapatpenelitiberikandalampenelitianiniadalahpihaksekolahharusterusmendukungpelaksanaanelectronic café (E-Café) bhawikarsuuntuktetapada dan terusberkembang. Memberikanpengarahansertamotivasikepadapesertadidik,untukberbuat dan bersikapsesuaidengannilaikarakter anti korupsi. Pembiasaanbersikapjujur, disiplin, bertanggungjawab dan mandiri, yang dilakukansecaraterus-meneruskedepanyaakanberdampakpositif dan bermanfaat, tidakhanyauntuklingkungansekolahtertapibermanfaatuntuklingkungankeluarga dan lingkunganmasyarakat.