SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Kegiatan Reciber (Relawan Cinta Bersih) di Universita Negeri Malang

SYAFIRA EKA EFENDI

Abstrak


Penguatan Pendidikan Karakter adalah program pendidikan untuk memperkuat karakter melalui harmonisasi olah hati (etik dan spiritual), olah rasa (estetik), olah pikir (literasi dan numerasi) dan olah raga (kinestetik) sesuai dengan falsafah Pancasila. Didalamnya terdapat karakter-karakter yang mulia salah satunya yaitu peduli lingkungan. Peduli lingkungan diwujudkan dengan adanya gerakan Reciber (Relawan Cinta Bersih). Diharapkan dengan kegiatan reciber ini dapat meningkatkan kesadaran manusia akan pentingnya kebersihan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui

(1) program reciber di Universitas Negeri Malang;

(2) pelaksanaan dari kegiatan reciber (Relawan Cinta Bersih) di Universitas Negeri Malang;

(3) bentuk-bentuk penguatan pendidikan karakter dari kegiatan reciber (Relawan Cinta Bersih) di Universitas Negeri Malang.

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pada penelitian deskriptif ini, peneliti berusaha untuk menggambarkan bagaimana pelaksanaan dari kegiatan reciber (Relawan Cinta Bersih) di Universitas Negeri Malang. Melalui jenis penelitian ini, data yang sudah terkumpul baik berupa kata-kata, gambar, wawancara, atau dokumentasi akan disusun secara terstruktur, saksama, dan objektif. Hal tersebut bertujuan untuk memberikan penjelasan secara terperinci dan sesuai dengan keadaan nyata tanpa direkayasa.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.

(1) Sosialisasi berupa edukasi dengan memberikan pengetahuan tentang kebersihan lingkungan dan program lanjutan yang diterapkan di FMIPA sendiri yaitu jum’at bersih

(2) Pelaksanaan gerakan reciber di Universitas Negeri Malang telah dilaksanakan 2 kali yang pertama diselenggarakan pada sabtu 24 Februari 2018 pukul 6 pagi sampai pukul 11 siang bertepatan dengan wisuda ke-92 di gedung Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang. Kegiatan kedua dilakukan di lingkungan Graha Rektorat dan sekitarnya yang bertepatan dengan hari sampah tanggal 3 Maret 2018. Langkah pertama pembentukkan panitia. Sebelum kegiatan seluruh reciber dibriefing terlebih dahulu dan membentuk tim-tim yang tersebar. Pertama tim yang menghadang mobil masuk ke UM lalu memberikan edukasi dan membagikan kantong kresek, kedua tim yang memberikan kantong kresek pada seluruh warga UM serta memberi contoh memungut sampah dan meletakkannya ke kantong kresek, dan ketiga tim yang berkeliling membawa spanduk dengan memberikan pengetahuan bahwa setiap warga UM harus menjaga kebersihan lingkungan. Dan yang terakhir melakukan pengecekan.

(3) Kegiatan reciber ini didalamnya memunculkan nilai-nilai pendidikan karakter yaitu : Religius, nasionalis, mandiri, gotong-royong, dan integritas.

Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan gerakan reciber ini bisa segera diproses oleh UM, sehingga gerakan ini bisa menjadi kebijakan dan seluruh warga UM bisa turut serta berpartisipasi dan menyadarkan warga UM akan pentingnya kebersikan lingkungan karena kebersihan lingkungan kampus merupakan tanggung jawab kita bersama.

 

Kata Kunci : Penguatan Pendidikan Karakter, Reciber, Kebersihan