SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

METODE PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MATERI PEMBELAJARAN

Ayu Christy

Abstrak


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode pembelajaran problem based learning (PBL) dan metode pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Dalam metode penelitian ini kami menggunakan metode studi literatur untuk mengetahui kemampunan peserta didik dalam memahami suatu materi dengan pendekatan model pembelajaran problem based learning (PBL)  dan contekstual teaching and learning (CTL). Kami mengambil 3 jenis penelitian dimana dari penilaian tabel analisis indikator keberhasilan problem based learning yaitu seorang guru, disini guru tidak hanya sebagai pemberi materi tapi disini guru juga sebagi fasilitator.  Peran guru sebagai fasilitator sangat penting karena berpengaruh kepada proses belajar siswa. Walaupun siswa lebih banyak belajar sendiri tetapi guru juga memiliki peranan yang sangat penting. Peran guru sebagai tutor adalah memantau aktivitas siswa, memfasilitasi proses belajar dan menstimulasi siswa dengan pertanyaan. Dengan begitu ketika siswa dihadapkan pada suatu masalah, siswa akan dituntut berperan aktif dan berfikir kritis tentang bagaimana cara memecahkan masalah yang diberikan guru tersebut.

 

 

Kata Kunci : Metode Pembelajaran Problem Based Learning, Metode Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.