SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2019

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

upaya guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Kota Probolinggo

Wulandari Firda Ayu

Abstrak


ABSTRAK

Wulandari, Firda Ayu. 2019. Upaya Guru dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Probolinggo. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono M.Pd, M.Si, (II) Dr. H A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H

 

Kata Kunci : upaya guru, karakter disiplin, siswa

Pendidikan merupakan upaya fundamental untuk membentuk manusia menjadi insan yang berkualitas baik dalam aspek pemikiran maupun tingkah laku dalam bermasyarakat. Pendidikan Karakter sebagai salah satu indikator penting untuk mewujudkan manusia yang berkarakter dan berperilaku baik dalam lingkungan formal. Nilai disiplin hingga saat ini menjadi hal yang paling difokuskan dalam mewujudkan karakter siswa dalam lingkup sekolah. Namun, dalam kurun waktu ini, penelitian yang memfokuskan pada nilai kedisiplinan masih belum banyak dilakukan. Oleh karena itu, penelitian tentang nilai kedisiplinan ini perlu untuk dilakukan.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan karakter yang dikembangkan oleh guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa, Faktor pendukung dalam pengembangan karakter disiplin siswa, serta kendala yang dihadapi oleh guru dalam pengembangan karakter disiplin siswa di MAN 2 Kota Probolinggo.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumenyang berupa dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data dilakukan dengan tiangulasi data. Sedangkan analisis data menggunakan analisis Miles and Huberman yang dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa karakter disiplin yang dikembangkan oleh guru MAN 2 Kota Probolinggo meliputi empat aspek yaitu aspek kerajinan, aspek kerapian, aspek kepribadian, aspek ketertiban. Sedangkan upaya guru dalam mengembangkan karakter disiplin pada siswa yaitu melalui pemberian kebiasaan secara rutin seperti kegiatan KJS Kegiatan Jum’at Sejati (Sehat Jasmani dan Hati), kegiatan melaksanakan sholat dhuha bersama setiap hari dan kegiatan kajian kitab setiap hari Jum’at serta bekerja sama dengan melibatkan semua pihak sekolah mengenai aturan bersama, teknik external control (pengawasan oleh guru), menerapkan sistem point berdasarkan sanksinya dan memberikan motivasi serta dorongan kepada siswa. Faktor pendukung pengembangan karakter disiplin pada siswa MAN 2 Kota Probolinggo yaitu melalui proses pembiasaan, adanya peraturan yang berlaku serta norma yang ditentukan baik di sekolah maupun di masyarakat yang disertai dengan sanksi, kerja sama antar guru dan wali murid/ orang tua siswa. Kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pengembangan karakter disiplin siswa MAN 2 Kota Probolinggo ialah belum adanya kesadaran dalam diri siswa, siswa mencapai masa pubertas, latar belakang keluarga siswa.