SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

2018 Pelestarian Warisan Budaya Majapahit di Kecamatan Trowulan.

Rinald Bachtiar Iswara

Abstrak


RINGKASAN

Iswara, Rinald Bachtiar. 2018 Pelestarian Warisan Budaya Majapahit

di Kecamatan Trowulan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof.Dr.H. Sukowiyono, S.H., MH  (2) Drs. H. Petir Pudjantoro,M.Si.

Kata kunci: warisan, pelestarian, budaya, Majapahit,Trowulan.

Kerajaan Majapahit adalah salah satu kerajaan bercorak Hindu-Budha yang memiliki pengaruh yang sangat besar bagi Negara Indonesia. Pengaruh yang ditinggalkan Majapahit salah satunya adalah kebudayaan. Warisan budaya peninggalan Majapahit contohnya adalah candi, semboyan Bhinneka Tunggal Ika, Bendera Merah Putih.

Penelitian ini  bertujuan untuk mendeskripsikan upaya pelestarian warisan budaya Majapahit di Trowulan yang meliputi (1) ragam warisan budaya Majapahit yang berada di Trowulan; (2)upaya yang dilakukan dalam pelestarian warisan budaya Majapahit di Trowulan; (3) kendala yang terjadi dalam upaya pelestarian warisan budaya Majapahit di Trowulan; (4) dampak yang terjadi dalam upaya pelestarian warisan budaya Majapahit di Trowulan.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode hermeneutika. Dalam mencari data dari informan yang terdiri dari budayawan lokal yang berada di Trowulan, masyarakat Trowulan, serta pihak Museum Trowulan. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan metode yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan, reduksi data, analisis data dan penyimpulan. Untuk menjamin kebasahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pengecekan data dengan cara sebagai berikut perpanjangan keikutsertaan, ketekunan, dan triangulasi.

Hasil penelitian ini dijabarkan sebagai berikut, pertama pemahaman masyarakat tentang warisan budaya Majapahit yang berada di Trowulan. Kedua upaya-upaya nyata yang dilakukan dalam pelestarian warisan budaya Majapahit (1) membentuk sebuah komunitas peduli warisan budaya Majapahit; (2) mengadakan kegiatan kirab budaya Majapahit; (3) menjaga dan merawata candi; (4) melestarikan kerajinan cor kuningan,terracotta dan pahat patung melalui kegiatan industri kecil menengah; (5) membangun rumah majapahitan. Ketiga kendala yang terdapat dalam upaya pelestarian warisan budaya Majapahit (1) kendala berupa dana; (2) kesadaran masyarakat; (3) kurangnya kerja sama antara pemerintah dan budayawan lokal . Keempat dampak yang terjadi dalam upaya pelestarian warisan budaya Majapahit yaitu (1) dampak ekonomi; (2) dampak sosial budaya.

Saran yang diberikan peneliti bahwa masayarakat perlu diberikan sosialisasi mengenai apa saja warisan budaya Majapahit. Kedua dalam upaya melestarikan warisan budaya Majapahit pemerintah lebih banyak melibatkan masyarakat khususnya masyarakat Trowulan. Ketiga kerja sama antara budayawan lokal dan pemerintah harus lebih baik lagi dalam upaya pelestarian warisan budaya Majapahit.