SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Profil Kegiatan Ekstrakurikuler Di SMA Negeri 1 Kepanjen Menggunakan Analisis SWOT

agung rizki sundoro

Abstrak


ABSTRAK

 

Kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan pendidikan yang dilakukan oleh peserta didik diluar jam belajar kurikulum standar sebagai perluasan dari kegiatan kurikulum dan dilakukan dibawah bimbingan sekolah dengan tujuan untuk mengembangkan kepribadian, bakat, minat, dan kemampuan peserta didik yang lebih luas atau diluar minat yang telah dikembangkan oleh kurikulum. Kenyataan dilapangan masih banayk ekstrakurikuler yang belum aktif mengadakan kegiatan pada jadwal yang telah ditentukan. Hal tersebut mengakibatkan pelaksanaan ekstrakurikulerkurang efektif.

Masalah yang diajukan dalam penelitian ini adalah bagaimana kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Kepanjen yang dilihat dari faktor internal untuk menentukan aspek kekuatan (strenght) dankelemahan (weakness)faktor eksternal untuk menentukanpeluang (opportunity)dan ancaman (threat). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri Kepanjen yang dilihat menggunakan analisis SWOT.

            Metode dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif dengan persentase. Subjek pada penelitian ini yaitu 12 pembina ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Kepanjen.

            Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa faktor internal yang menjadi kekuatan dari kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen adalah perencanaan proses latihan, ketersediaan pelatih dan minat siswa mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dankelemahan dari kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen adalah ketersediaan sarana dan prasarana, pelaksanaan proses latihan dan pengelolaan pemanfaatan dan pemeliharaan sarana prasarana.Faktor eksternal yang menjadi peluang dari kegiatan ekstrakurikuler SMA Negeri 1 Kepanjen belum diketahui karena kurang baiknya pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler dan ancaman dari kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen adalah persaingan antar sekolah di Kabupaten Malang untuk mendapatkan calon siswa melalui jalur seleksi cabang ekstrakurikuler.

Berdasarkan hasil analisis kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMA Negeri 1 Kepanjen sudah berjalan namun masih banyak hal yang harus diperbaiki agar kegiatan ekstrakurikuler di SMA Negeri 1 Kepanjen berjalan dengan baik dan efektif. Sekolah perlu melakukan koordinasi dengan pihak komite sekolah untuk masalah pengadaan sarana dan prasarana, sekolah juga perlu memaksimalkan guru yang ada untuk menjadi pelatih atau pembina ekstrakurikuler dan sekolah juga harus memperhatikan minat dan bakat siswa yang disesuaikan dengan kegiatan ekstrakurikuler.