SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perwujudan Nilai-nilai Kemanusiaan oleh Komunitas Peduli Penderita Kanker pada Anak di Malang

Samanina Elfi Kusnia

Abstrak


Kusnia, Samanina Elfi. 2018. Perwujudan Nilai-nilai Kemanusiaan oleh Komunitas Peduli Penderita Kanker pada Anak di Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si., (II) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., M.H.

 

Kata Kunci: perwujudan, nilai, kemanusiaan, komunitas

 

          Perwujudan nilai-nilai kemanusiaan dilakukan oleh berbagai aktor, baik bersifat individu maupun kelompok. Disisi lain ada berbagai kasus bermunculan mengenai penyimpangan nilai-nilai kemanusiaan seperti pembunuhan, penganiayaan, pemerkosaan, dan sebagainya. Perwujudan nilai-nilai kemanusiaan salah satunya adalah gemar melakukan kegiatan kemanusiaan. Komunitas Sahabat Anak Kanker Malang merupakan aktor bersifat kelompok yang melakukan berbagai kegiatan sebagai bentuk kepedulian terhadap pasien kanker anak.

          Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan perwujudan nilai-nilai kemanusiaan dalam kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh komunitas peduli penderita kanker pada anak di Kota Malang yang lebih dikenal dengan komunitas Sahabat Anak Kanker Malang.

          Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrument manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan kegiatan triangulasi data dan perpanjangan pengamatan. Kegiatan analisis data dimulai dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi.

          Berdasarkan hasil analisis data, ditemukan empat temuan penelitian: (1) bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Sahabat Anak Kanker Malang. Bentuk-bentuk kegiatan tersebut berupa kelas membaca atau literasi, kelas mendongeng, kelas mewarnai, kelas hasta karya, jenguk jagoan, event bulanan, fallen warriors, mobil jagoan, dan birthday planner; (2) nilai-nilai kemanusiaan yang terdapat dalam berbagai kegiatan yang dilakukan oleh komunitas Sahabat Anak Kanker Malang. Nilai-nilai kemanusiaan tersebut adalah peduli terhadap sesama manusia, rasa berbagi, menjunjung persamaan hak asasi manusia, saling mencintai sesama manusia, saling menghargai dan menghormati sesama manusia, tidak semena-mena pada orang lain, dan bersikap tenggang rasa; (3) hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan komunitas Sahabat Anak Kanker Malang yaitu komunikasi yang susah antara relawan dengan orang tua pasien kanker anak, pasien kanker anak yang rewel atau mood pasien kanker anak jelek, donasi paket healthy meals yang terkadang mengalami kekurangan, dan munculnya suasana haru dalam pelaksanaan kegiatan; dan (4) solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan kegiatan yaitu memberi pengertian kepada orang tua pasien kanker anak apabila terjadi hambatan komunikasi, relawan harus bersikap cepat tanggap dalam mengatasi hambatan pasien kanker anak yang rewel atau ­mood pasien kanker anak jelek, sedangkan untuk masalah donasi paket healthy meals yang terkadang mengalami kekurangan maka solusinya dengan memberikan pengertian kepada keluarga pasien non kanker bahwa fokus utama pada pasien kanker anak, dan diharapkan menahan emosi untuk tidak menangis serta membuat suasana menjadi happy merupakan solusi untuk mengatasi hambatan suasana haru.

            Berdasarkan hasil penelitian, ada beberapa saran agar komunitas Sahabat Anak Kanker Malang semakin maju lagi dan dikenal masyarakat luas sehingga mampu mengetuk hati masyarakat luas untuk bisa peduli terhadap sesama manusia. Saran tersebut antara lain hendaknya komunitas Sahabat Anak Kanker Malang memperbaiki isi website untuk mempermudah masyarakat luas mendapatkan segala informasi lengkap tentang komunitas Sahabat Anak Kanker Malang serta disarankan kepada relawan-relawan sahabat anak kanker untuk lebih aktif lagi dalam mengikuti semua kegiatan agar hubungan silaturahmi antar para relawan maupun relawan dengan pasien dan keluarga pasien bisa berjalan dengan baik.