SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI KARAKTER SISWA MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA DI SMA NEGERI 6 MALANG

Vonny Mariana Tohatu

Abstrak


ABSTRAK

 

Tohatu,Vonny, Mariana. 2016. Implementasi Nilai-nilai Karakter Siswa Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si. (II) Rusdianto Umar, S.H., M.Hum.

 

Kata Kunci: Implementasi, Nilai Karakter, Ekstrakurikuler Pramuka, SMA Negeri 6 Malang

Perilaku sebagian anak sekolah yang sudah di ambang batas kewajaran mulai dari  membolos, berkata tidak sopan, sampai maraknya tawuran antar pelajar dengan sekolah lain kini marak di kalangan pelajar. Penerapan sistem kurikulum 2013 yang saat ini bertujuan untuk lebih menekankan pola penanaman nilai karakter yang membangun karakter peserta didik agar hidup sehat dan produktif. Kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMA Negeri 6 Malang merupakan salah satu sekolah yang aktif menyelenggarakan OPP (Orientasi Pramuka Penegak) sebagai kegiatan tahunan wajib di alam terbuka, selain itu banyak prestasi yang diproleh oleh anggota Ekstrakurikuler Pramuka Ambalan “Syailendra” melalui berbagai perlombaan kegiatan kepramukaan. Dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan terdapat nilai-nilai karakter yang dapat diimplementasikan oleh siswa, berdasarkan pertimbangan tersebut, peneliti ingin melakukan kajian mengenai gambaran umum kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, nilai-nilai karakter apa saja yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, bagaimana nilai-nilai karakter tersebut dapat diimplementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka, serta apa saja yang menjadi faktor pendukung dan faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

Pembahasan dalam skripsi ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai karakter apa saja yang dapat diimplementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan bagaimana langkah-langkah yang dilakukan dalam upaya implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka. Selain itu, untuk mengidentifikasi  nilai-nilai karakter apa saja yang berhasil diimplementasikan melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka dan mendeskripsikan adanya faktor pendukung dan faktor penghambat yang timbul dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler, serta menjelaskan bagaimana cara mengatasi hambatan dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui Pramuka di SMA Negeri 6 Malang.

Objek penelitian ini adalah siswa anggota pramuka dan pembina pramuka di SMA Negeri 6 Malang, serta metode penelitian yang digunakan menggunakan metode kualitatif. Data penelitian diperoleh dari observasi  di sekolah, serta wawancara dengan guru Pembina Ekstrakurikuler Pramuka, Waka Kesiswaan, serta dengan siswa kelas X,XI, dan XII yang mengikuti ekstrakurikuler Pramuka Ambalan Syailendra terkait program kegiatan dan pelaksanaan kegiatan pada ekstrakurikuler Pramuka. Dalam penelitian ini mendeskripsikan bagaimana usaha sekolah dalam memberikan pembinaan kepada siswa mengenai implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan Ekstrakurikuler Pramuka di SMAN 6 Malang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa macam-macam nilai karakter yang dapat diimplementasikan melalui kepramukaan di SMA Negeri 6 Malang adalah (1) nilai tanggung jawab, (2) nilai kemandirian, (3) nilai kedisiplinan, (4) nilai toleransi, (5) nilai keberanian, (6) nilai percaya diri, (7) nilai kerjasama, (8) nilai kepemimpinan, (9) nilai kesabaran, (10) nilai ketelitian, dan (11) nilai pantang menyerah. Metode yang digunakan dalam upaya implementasi nilai-nilai karakter siswa adalah melalui Kegiatan Tali Temali, Kegiatan Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD), Kegiatan Ketangkasan Pioneering, Kegiatan Morse dan Semaphore, Kegiatan Membaca Sandi Pramuka, Kegiatan Penjelajahan, Kegiatan Pengembaraan, Kegiatan Pelatihan Baris-Berbaris (PBB), dan Kegiatan Menentukan Arah. Adapun faktor pendukung dalam implementasi nilai-nilai karakter siswa melalui kegiatan ekstrakurikuler Pramuka yakni kepramukaan tidak hanya dapat dilakukan di dalam kelas saja namun di  luar sekolah dan di alam terbuka, kegiatannya tidak selalu tentang ilmu pengetahuan atau penilaian akademik melainkan lebih kepada praktek dan tentang cara, sehingga peserta lebih aktif secara motorik membuat siswa lebih merasa tertantang dan ingin terjun langsung dalam setiap kegiatan yang berhubungan dengan lingkungan alam, kegiatannya lebih sering dilakukan secara berkelompok dan bukan secara individu, serta merupakan kegiatan yang berorientasi pada nilai sikap dan bukan nilai akademik, sedangkan faktor penghambat dalam implementasi nilai-nilai karakter melalui kegiatan ekstrakurikuler pramuka dapat timbul dari berbagai pihak dan dengan sebab masing-masing yang berbeda yakni : faktor cuaca, perbedaan kepribadian masing-masing siswa, kurangnya rasa toleransi.

Melalui kegiatan ekstrakurikuler diharapkan agar pendidikan di negeri ini ditekankan pada pendidikan karakter. Mengingat banyak persoalan yang terjadi di kalangan pelajar disebabkan oleh moral dari bangsa kita yang semakin menurun dari hari ke hari, kita dapat memulai hal tersebut dengan kegiatan pramuka. Meskipun terlihat sepele, namun akan terasa manfaatnya apabila peserta didik telah terjun dalam kehidupan masyarakat.