SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PELAKSANAAN KEBIJAKAN PROGRAM WAJIB MADRASAH DINIYAH SEBAGAI UPAYA PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI KABUPATEN PASURUAN

Erfianti Erfianti

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata kunci: pelaksanaan, kebijakan, Wajib Madrasah Diniyah, pendidikan karakter

 

: Sebagai akibat adanya otonomi daerah, Pasuruan yang di kenal  sebagai kota santri senantiasa berupaya untuk menggali potensi daerah nya. Otonomi daerah telah memberikan kesempatan bagi daerah termasuk Kabupaten Pasuruan untuk mengembangkan pendidikan di daerahnya. Kondisi masyarakat saat ini utamanya generasi mudanya yang dinilai mengalamani dekadensi moral menjadi pertimbangan Pemerintah Kabupaten Pasuruan untuk menetapkan kebijakan program Wajib Madrasah Diniyah melalui Peraturan Bupati Kabupaten Pasuruan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Wajib Belajar Pendidikan di Kabupaten Pasuruan. Adanya kebijakan tersebut, peneliti tertarik untuk melakukan kajian secara mendalam mengenai pelaksanaan kebijakan program wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan lima hal, yaitu: (1) mengetahui tentang model program Wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan, (2) mengetahui pelaksanaan kebijakan program Wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan, (3) mengetahui faktor pendukung dalam pelaksanaan program Wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan, (4) mengetahui kendala dalam pelaksanaan kebijakan program Wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan dan, (5) mengetahui upaya dalam pelaksanaan kebijakan program Wajib Madrasah Diniyah di Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian

deskriptif. Peneliti sebagai instrumen penelitian bertindak untuk mengumpulkan data dilapangan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Untuk menjaga keabsahan data, peneliti menggunakan teknik triangulasi dan meningkatkan ketekunan penelitian. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data sampai kesimpulan.