SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pola Rekrutmen Kader Partai Politik dalam Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Malang

MUHAMMAD MUKLAS

Abstrak


ABSTRAK

 

RINGKASAN

 

Muklas, Muhammad. 2017. Pola Rekrutmen Kader Partai Politik Dalam Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Malang. Skripsi, Jurusan Hukum Dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si (II) Dr. Didik Sukriono, S.H, M.Hum.

 

Kata Kunci: Pola Rekrutmen, Kader, Partai Kebangkitan Bangsa

 

Rekrutmen merupakan kegiatan yang dilakukan oleh suatu organisasi guna untuk melakukan regenerasi, agar organisasi tersebut tetap berjalan. Kader merupakan anggota yang terseleksi berdasarkan pengujian, penilaian dan pertimbangan tertentu hasil dari pengamatan terhadap keaktifan, kesetiaan, keterampilan, kepandaian, moral dan mentalitas, dedikasi, dan sebagainya. Partai Kebangkitan Bangsa merupakan partai Politik yang lahir di era reformasi. Merupakan partai Islam yang didirikan oleh ormas Nahdlatul Ulama

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pola rekrutmen kader sebagai upaya regenerasi Partai Kebangkitan Bangsa Kota Malang yang meliputi (1) pola rekrutmen kader partai politik dalam Partai Kebangkitan Bangsa; (2) kendala yang dihadapai dalam melaksanakan rekrutmen kader politik dalam Partai Kebangkitan Bangsa Kota Malang; (3) upaya yang dilakukan dalam mengatasi kendala rekrutmen kader politik Partai Kebangkitan Bangsa Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengambilan data pada penelitian ini dilakukan dengan 3 (tiga) cara yaitu : wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukuan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan kegiatan triangulasi data. Tahap-tahap penelitian dimulai dari tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penyelesaian atau laporan.

Hasil penelitian sebagai berikut. (1) pola rekrutmen kader partai politik dalam Partai Kebangkitan Bangsa Kota Malang meliputi (a) terdapat tiga pola rekrutmen yang dilaksanakan oleh Partai Kebangkitan Bangsa yakni Struktur, kultur dan simpatisan, (b) melakukan jenjang kaderisasi awal yakni Pendidikan Kader Pertama, (c) menjadi keharusan seluruh anggota PKB untuk dapat mengikuti kegiatan kaderisasi, (d) materi-materi yang diberikan adalah materi yang dipersiapkan yang dapat diterapkan di lapangan sesuai dengan kenyataannya menjadi kader politik, (e) menghasilkan tiga kader penggerak yakni Kader Penggerak Desa atau Kelurahan, Kader Penggerak Struktural Partai dan Kader Penggerak TPS. (2) Kendala yang dihadapi Partai Kebangkitan Bangsa dalam kegiatan rekrutmen kader meliputi (a) kurang antusias dan partisipasi masyarakat untuk bergabung menjadi anggota partai politk, (b) mencari pemateri handal dan berkualitas yang mampu membawakan materi sesuai dengan kondisi peserta, (c) ketebatasan dana dalam melaksanakan kegiatan dan mendatangkan pamateri berkualitas dan handal, (d) tingkat kemampuan peserta yang berbeda-beda dalam menyerap dan memahami materi yang disampaikan dalam kegiatan Pendidikan Kader Paertama.(3) upaya yang dilakukan Partai Kebangkitan Bangsa Dalam mengatasi kendala rekrutmen kader meliputi (a) menurunkan kader-kader partai yang memiliki kualitas dilapangan untuk mengajak dan menarik masyarakat bergabung kedalam partai, (b) ikut aktif dalam kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan oleh masyarakat, seperti seperti tahlilan, yasinan, sholawatan, pengajian dan lain sebagainya, (c) mendatangkan pemateri yang handal mampu membawakan materi dengan memiliki pengetahuan mendalam, (d) melaksanakan kegiatan Pendidikan Kader Pertama sesuai dengan kondisi pendanaan yang ada. Namun, tetap dapat menarik minat peserta untuk dapat mengikitunya.

Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian ini adalah (1) perlu dilakukkanya rekrutmen terhadap orang-orang yang memiliki kualitas dan prestasi. Agar Partai Kebangkitan Bangsa nantinya dapat memiliki kader yang mampu menjalankan organisasi dengan baik serta memiliki kader yang dapat dicalonkan menjadi pemimpin nasional.ketika dilaksanakannya pemilu. Dengan kualitas dan prestasi yang dimiliki oleh kader akan menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk dapat mendukung kader tersebut dalam pemilu, (2) juga perlu adanya kegiatan praktik di lapangan dalan kegiatan kaderisasi berlangsung, agar nantinya kader dapat benar-benar mengimplementasikan apa yang telah didapat selama mengikuti kaderisasi, (3) perlu adanya perubahan penilaian dalam kegiatan kaderisasi. Penilaian terhadap pemahaman materi dengan implementasi dilapangan juga perlu untuk menghasilkan kader berkualitas sesuai dengan kebutuhan partai.