SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

FENOMENA PERILAKU NEGATIF MAHASISWA AKTIVIS UKM DI UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Ratna Puspita Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Fenomena Perilaku Negatif Mahasiswa Aktivis UKM di Universitas Negeri Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1)Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd, M.H., (2) Dr.Sri Untari, Msi.

 

Kata Kunci : perilaku negatif, mahasiswa aktivis UKM

 

Perilaku negatif merupakan sebutan bagi perilaku yang ditunjukkan oleh individu ataupun kelompok yang tidak sesuai dan bertentangan dengan norma dan moral yang ada. Perilaku negatif tidak hanya ditandai dengan tindakan kriminal yang melanggar hukum, namun hal-hal kecil yang bertentangan dengan nilai-nilai dan norma di kalangan masyarakat yang sering terabaikan. UKM adalah organisasi mahasiswa nonformaluntukmengembangkan kreativitas serta potensi diri selain dari bidang akademik serta organisasi formal di dalam sebuah universitas. UKM memiliki banyak anggota yang berasal dari kalangan yang berbeda-beda. Perbedaan tersebut juga membawa perbedaan prinsip atas nilai-nilai dan norma.

Penelitian ini bertujuanuntuk memecahkan isu didalam kehidupan mahasiswa UKM Universitas Negeri Malang. Sehingga isu tersebut bisa di minimalisir dan dihilangkan. Isu yang dimaksud adalah isu mengenai perilaku negatif yang dilakukan oleh mahasiswa aktivis UKM di Universitas Negeri Malang. Hal ini ditinjau dari perilaku sehari-hari dari mahasiswa aktivis UKM. Sehingga penelitian yang digunakan oleh penulis adalah pendekatan jenis deskriptif kualitatif.Pendekatan kualitatif dimaksudkan mampu mendeskripsikan perilaku negatif yang dilakukan oleh mahasiswa aktifis UKM di Universitas Negeri Malang. Dengan menguraikan perilaku negatif yang dilakukan oleh mahasiswa aktifis, faktor yang mempengaruhi baik itu internal dan eksternal dan cara untuk meminimalisir perilaku negatif tersebut baik dari pihak UKM dan Universitas Negeri Malang. Pengumpulan sumber data oleh peneliti berupa hasil wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku negatif dari mahasiswa aktivis UKM di Universitas Negeri Malang banyak dilakukan seperti aspek kebersihan yang jauh dari kata bersih dan rapi, parkir sembarangan mahasiswa aktivis UKM , penempatan properti sembarangan, barang pribadi dan peralatan memasak sembarangan overtime dan menginap di ukm tanpa ijin, miras, pencurian, bermesraan di UKM. Terdapat segi positif juga yang ditemukan selama penelitian berlangsung yaitu kehidupan harmonis mahasiswa di lingkungan UKM. Sikap dan tanggapan yang ditunjukan mahasiswa aktivis UKM terhadap perilaku negatif tersebut adalah sikap acuh tak acuh terhadap lingkungan sekitar, kurangnya tanggung jawab, pengabaian aturan, dan memilih menegur teman sendiri daripada orang lain.Faktor yang mempengaruhi perilaku negatif mahasiswa aktivis UKM faktot manusia, yaitu sikap malas dan acuh tak acuh pada mahasiswa membuat mereka tidak peduli dengan lingkungan sekitar, faktor lingkungan yang bebas dan sepi dan tanpa adanya pengawasan mendukung seseorang dalam bertindak dan faktor pergaulan karena dari pergaulan mahasiswa aktivis merasa yakin dan benar dengan apa yang sering mereka lihat, dengar dan rasakan.Tindakan dan upaya yang dilakukan dalam meminimalisir perilaku negatif mahasiswa aktivis UKM Universitas Negeri Malang dari pengurus UKM adalah dengan teguran halus, denda, sanksi, dan rapat besar dengan senior. Sedangkan dari pihak Universitas Negeri Malang adalah dan menetapkan kebijakan Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 3 Tahun 20l7 Tentang Pengaturan Gerbang Masuk-Keluar, Tertib Berlalu Lintas, Dan Sistem Parkir Kendaraan Di Kampus Universitas Negeri Malang, Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 11 Tahun 2016 Tentang Penggunaan Ruang Sekretariat Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang, Peraturan Rektor Universitas Negeri Malang Nomor 13 Tahun 2012 Tentang Pedoman Organisasi Kemahasiswaan Universitas Negeri Malang, diadakannya Ormawa of The Year, workshop administrasi, sidak dadakan ke lingkungan UKM pada malam hari.