SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN HUKUM ISLAM MENGENAI HAK WARIS DI DESA GADOR KECAMATAN DURENAN KABUPATEN TRENGGALEK JAWA TIMUR

Muhammad Irwawan Siswantoro

Abstrak


ABSTRAK : Gador adalah salah satu desa yang terpencil yang berada di Kabupaten Trenggalek. Dimana mayoritas penduduknya berkecimpung dalam bidang pertanian, yaitu petani ketela dan kacang tanah. Kisah ini bersumber dari suatu cerita rakyat yang tidak dituliskan, dan jarang orang yang mengetahuinya, ini bersifat turun temurun serta dianggap pernah terjadi. Unsur-unsur pewarisan dari tiga kata kunci yang menjadi unsur-unsur pewarisan, yaitu: pewaris, harta warisan, dan ahli waris. Dalam aspek-aspek inilah akan dilihat asas-asas hukum adat waris yang berlaku bagi semua orang.

Penelitian yang berjudul Penerapan hukum islam mengenai hak waris di desa gador kecamatan durenan kabupaten trenggalek jawa timur bertujuan mendeskripsikan (1) penerapan hukum islam mengenai hak waris di desa Gador, (2) pola pembagian hukum islam mengenai hak waris.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat hasil penelitian sebagai berikut. (1) penerapan hukum islam mengenai hak waris di desa Gador Setelah mempelajari definisi Hukum Kewarisan Islam, untuk lebih mendalaminya, perlu mempelajari prinsip-prinsipnya. Beberapa prinsip dalam Hukum Kewarisan Islam, (2) pola pembagian hukum islam mengenai hak waris Hukum Kewarisan Islam menetapkan, bahwa peralihan harta seseorang kepada orang lain dengan sebutan kewarisan berlaku setelah yang mempunyai harta tersebut meninggal dunia. Dengan demikian, tidak ada pembagian warisan sepanjang pewaris masih hidup. Segala bentuk peralihan harta seseorang yang masih hidup, baik secara langsung maupun tidak langsung, tidak termasuk ke dalam persoalan kewarisan menurut Hukum Kewarisan Islam.Hukum Kewarisan Islam hanya mengenal satu bentuk kewarisan, yaitukewarisan akibat kematian yang dalam Kitab Undang-undang Hukum Perdata disebut kewarisan ab intestato dan tidak mengenal kewarisan atas dasar wasiat yang dibuat pada saat pewaris masih hidup.

Saran yang diberikan penulis yaitu (1) seharusnya penerapan hukum adat mengenai hak waris di desa gador menganut sistem hukum yang ada, (2) seharusnya pola pembagian hukum di desa Gador menganut sistem hukum islam yang sudah di tetapkan.

 

Kata kunci : penerapan hukum islam, hak waris.