SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN KAMPUNG MAJAPAHIT SEBAGAI DESA WISATA (STUDI DI DESA BEJIJONG, KECAMATAN TROWULAN, KABUPATEN MOJOKERTO)

Nurin Fardhiannah

Abstrak


ABSTRAK

Fardhiannah, Nurin.2017.Partisipasi Masyarakat dalam Pengembangan Kampung Majapahit sebagai Desa Wisata (Studi Di Desa Bejijong, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto). Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Didik Sukriono, S.H, M.Hum (II) Dr. Sutoyo, S.H, M.Hum.

Kata Kunci : Partisipasi Masyarakat, Desa Wisata, Mojokerto

Partisipasi masyarakat dalam pengembangan desa wisata merupakan hal yang sangat penting. Untuk mewujudkan desa wisata itu sendiri dapat diterapkan dalam gaya hidup dan kualitas hidup masyarakatnya. Partisipasi itudilakukan tanpa adanya paksaan. Indonesia memiliki banyak desa wisata yang layak untuk dikembangkan. Mojokerto misalnya memiliki kampung Majapahit yang dikembangkan menjadi desa wisata perlu dukungan atau partisipasi masyarakat dalam pegembangannya. Secara historis daerah Mojokerto memiliki banyak situs-situs peninggalan kerajaan Majapahit, secara ekonomi Mojokerto memiliki potensi ekonomi kreatif seperti kerajinan cor kuningan maupun batik. Pemerintah menginginkan adanya wilayah di Trowulan untuk di bangunkan nya sebuah desa yang mengingatkan pada zaman era Majapahit. Maka dibangun sebuah rumah-rumah di kawasan Trowulan yang disebut Kampung Majapahit. Partisipasi masyarakat tentunya sangat dibutuhkan dalam pengembangan kampung Majapahit sebagai desa wisata.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan berberapa hal yaitu, bentuk partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung Majapahit sebagai desa wisata, partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung Majapahit sebagai desa wisata, dampak partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung Majapahit dan upaya pemerintah dalam meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung Majapahit sebagai desa wisata di desa Bejijong Kecamatan Trowulan Kabupaten Mojokerto.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian yang berupa sumber data primer masyarakat dan pemerintah Desa Bejijong. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan triangulasi data. Tahap analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh empat simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, bentuk partisipasi masyarakat di desa Bejijong yaitu dalam bentuk ide, tenaga, uang dan keterampilan. Kedua, partisipasi masyarakat dilibatkan dalam perencaaan program, pelaksanaan program dan evaluasi program pengembangan kampung Majapahit. Ketiga, manfaat partisipasi masyarakat bagi pengembangan kampung Majapahit yaitu manfaat dibidang ekonomi dan bidang sosiak budaya. Keempat, upaya pemerintah meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan kampung Majapahit dilakukan melalui sosialisai atau pelatihan mengenai desa wisata.