SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Peran Kantin Kejujuran sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Siswa di SMK Negeri 1 Jombang

Anggita Rosalina Dewanty

Abstrak


ABSTRAK

 

Dewanty, Anggita Rosalina. 2017. Peran Kantin Kejujuran sebagai Upaya Penanaman Nilai-Nilai Kejujuran Siswa di SMK Negeri 1 Jombang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Margono, M.Pd, M.Si, (II) Dr. Sutoyo, SH, M.Hum.

 

Kata Kunci: Kantin Kejujuran, Nilai-Nilai Kejujuran, SMK Negeri 1 Jombang

 

Kantin kejujuran adalah sebuah program yang berasal dari lembaga Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam upayanya untuk mengenalkan pendidikan anti korupsi kepada generasi muda, kemudian untuk mendukung program tersebut Kementrian Pendidikan Nasional mengadopsinya dan menerapkannya untuk mewujudkan pendidikan karakter di sekolah. Kantin kejujuran ini memuat konsep pendidikan nilai, khususnya pendidikan nilai kejujuran, yang menekankan pada pembiasaan karakter kejujuran pada peserta didik. Lembaga sekolah dinilai mampu dan tepat dalam mewujudkan hal tersebut. Karena, sekolah merupakan lembaga yang menaungi para remaja/peserta didik yang memiliki usia ideal dalam pembentukan karakter individu, khususnya adalah penanaman nilai-nilai kejujuran.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk (1) mengetahui latar belakang terbentuknya kantin kejujuran di SMK Negeri 1 Jombang, (2) mengetahui pelaksanaan kantin kejujuran sebagai upaya penanaman nilai-nilai kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jombang, (3) mengetahui kendala pelaksanaan kantin kejujuran sebagai upaya penanaman nilai-nilai kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jombang, dan (4) mengetahui indikasi kejujuran siswa SMK Negeri 1 Jombang dilihat dari segi laporan keuangan kantin kejujuran.

Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Prosedur yang dilakukan untuk mengumpulkan data adalah dengan teknik observasi, teknik wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Untuk menjaga keabsahan data dilakukan uji kredibilitas dengan peningkatan ketekunan dalam penelitian dan triangulasi. Pemilihan lokasi SMK Negeri 1 Jombang sebagai tempat penelitian adalah berdasarkan pertimbangan adanya kantin kejujuran di SMK Negeri 1 Jombang yang masih tetap bertahan hingga sekarang dari awal mula berdirinya di tahun 2010.

Temuan penelitian dalam penelitian ini menghasilkan empat pembahasan, yaitu (1 latar belakang terbentuknya kantin kejujuran di SMK Negeri 1 Jombang ini adalah awalnya merupakan suatu program pemerintah yaitu dari Kementerian Pendidikan Nasional yang bekerjasama dengan KPK dan pengelolaannya sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah, kemudian kantin kejujuran di SMKN 1 Jombang ini merupakan suatu program pengembangan dari program kewirausahaan (2) pelaksanaan kantin kejujuran sebagai upaya penanaman nilai-nilai kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jombang ini dikelola oleh satu penanggungjawab dan dinaungi dibawah kesiswaan. (3) kendala pelaksanaan kantin kejujuran sebagai upaya penanaman nilai-nilai kejujuran siswa di SMK Negeri 1 Jombang adalah strategi atau sistem pengelolaan yang kurang maksimal karena hanya ada satu penanggungjawab dan tidak ada struktur organisasi seperti bendahara dan sekretaris yang bisa membantu, persaingan harga dengan koperasi sekolah, bussinescenter dan kantin sekolah, tingkat kejujuran pembeli dan kecurangan yang dilakukan pembeli (4) indikasi kejujuran siswa SMK Negeri 1 Jombang dilihat dari segi laporan keuangan kantin kejujuran yaitu apabila jumlah laporan keuangan menghasilkan laba dan tidak rugi berarti dapat dikatakan kejujuran siswa di SMKN 1 Jombang ini tinggi kemudian apabila sebaliknya jika laporan keungan menunjukkan kerugian berarti indikasi kejujuran siswa di SMKN 1 Jombang rendah dan laporan keuangan kantin kejujuran di SMKN 1 Jombang menurut data laporan keungan yang terakhir diperoleh menunjukkan laba beraarti tingkat kejujuran siswa di SMKN 1 Jombang ini dapat dikatakan tinggi.

Saran yang dapat peneliti berikan dalam penelitian ini adalah pihak sekolah harus terus mendukung agar peran kantin kejujuran sebagai upaya penanaman nilai-nilai kejujuran siswa di SMKN 1 Jombang ini tetap ada dan terus berkembang. Motivasi kepada peserta didik juga harus tetap diberikan agar peserta didik terbiasa dan mau bersikap jujur, karena jujur itu perlu dibiasakan dan pembiasaan itu hasilnya akan berdampak positif tidak hanya bermanfaat untuk dilingkungan sekolah tapi dilingkungan masyarakat dan dunia kerja nantinya.