SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERAN KOMITE NASIONAL PEMUDA INDONESIA (KNPI) KOTA MALANG DALAM PENANAMAN NILAI-NILAI PANCASILA BAGI GENERASI MUDA DI KOTA MALANG

Dimas Prasetyo Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

Nugroho, Dimas Prasetyo. 2017. Peran Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang dalam Penanaman Nilai-Nilai Pancasila bagi Generasi Muda di Kota Malang. Skripsi Program Studi Pancasila dan Kewarganegaraan Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M.Pd., M.Si. (II) Rusdianto Umar, SH., M.Hum.

 

Kata Kunci: Peran, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI), Penanaman, Nilai-nilai Pancasila, Generasi Muda

           

Generasi muda adalah generasi penerus perjuangan bangsa dan pemegang estafet kepemimpinan bangsa, oleh karena itu perlu kiranya dalam diri pribadi mereka ditanamkan nilai-nilai Pancasila yang telah diyakini kebenarannya, diterima, diikuti, dibela dan diperjuangkan. Falsafah Pancasila sebagai dasar negara merupakan nilai dasar spiritual keagamaan, kemanusiaan, dan kesatuan bangsa yang menjadi landasan dasar dalam pembangunan bangsa, Ideologi merupakan sebuah konsep yang fundamental dalam sebuah negara. Dikatakan fundamental karena hampir semua bangsa dalam kehidupannya tidak dapat dilepaskan dari pengaruh ideologi. Berbagai organisasi kepemudaan muncul dalam perannya untuk memperkuat ideologi bangsa. Salah satu diantaranya adalah KNPI. Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) sebagai satu-satunya wadah berhimpunnya Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) yang ada di Indonesia, yang mana dari masing-masing organisasi kepemudaan tentunya memiliki pemikiran dan ideologi yang beragam dan tentunya membutuhkan wadah untuk berkumpul. Dari berbagai macam pemikiran dan ideologi yang dibawa oleh masing-masing organisasi, tentunya disinilah peran sentral KNPI untuk menyatukan berbagai macam pemikiran dan ideologi dengan ideologi Pancasila yang dimiliki oleh bangsa Indonesia, dalam upaya penguatan nilai-nilai Pancasila dikalangan generasi muda.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan kegiatan-kegiatan, peran, kendala Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang dalam penanaman nilai-nilai Pancasila pada generasi muda di Kota Malang, serta upaya Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang mengatasi kendala dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda di Kota Malang.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Prosedur pengumpulan data yang dilakukan yaitu melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Untuk menjamin kebasahan data yang diperoleh, peneliti melakukan pengecekan data dengan cara sebagai berikut meningkatkan ketekunan, dan triangulasi.

Adapun hasil penelitian ini adalah (1) Bentuk-bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang yakni terdiri dari (a) Kegiatan dalam bidang keagamaan, (b) Kegiatan dalam bidang bakti sosial dan kemasyarakatan, (c) Kegiatan dalam bidang dialog dan advokasi, (d) kegiatan dalam bidang pendidikan dan pelatihan, (e) Kegiatan bersama pemerintah Kota Malang, (f) Kegiatan pemberian penghargaan. (2) Peran yang dilakukan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang dalam penanaman nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda di Kota Malang adalah dengan melakukan berbagai kegiatan yang  tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Seperti (a) Kegiatan pengajian dan doa bersama merupakan penanaman nilai Ketuhanan, (b) Kegiatan pengamanan hari besar keagamaan merupakan penanaman nilai Persatuan, (c) Kegiatan bakti sosial bencana alam dan penyediaan bus sekolah gratis merupakan penanaman nilai Kemanusiaan, (d) Kegiatan dialog dan advokasi merupakan penanaman nilai kerakyatan dan permusyawaratan, (e) Kegiatan dalam bidang pendidikan dan pelatihan merupakan penanaman nilai Keadilan, (f) Kegiatan memperingati hari besar nasional merupakan penanaman nilai Persatuan, (g) Kegiatan pembinaan wawasan kebangsaan merupakan penanaman nilai Keadilan, (h) Kegiatan blusukan dengan pemerintah Kota Malang merupakan penanaman nilai kerakyatan dan permusyawaratan, (i) Kegiatan pemberian penghargaan merupakan penanaman nilai kemanusiaan. Kegiatan-kegiatan tersebut merupakan upaya dari KNPI Kota Malang dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila bagi generasi muda di Kota Malang. (3) Kendala yang dihadapi Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang tedapat dua faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Yang dimaksud faktor internal disini adalah internal KNPI Kota Malang itu sendiri. Yang selanjutnya yaitu faktor eksternal. yang dimaksud faktor eksternal disini yaitu faktor yang berasal dari luar KNPI Kota Malang yaitu dari unsur kepemudaannya. (4) Beberapa upaya yang dilakukan oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila adalah dengan (a) Mengadakan evaluasi di internal (anggota KNPI Kota Malang) itu sendiri, diantaranya adalah dengan menjalin hubungan komunikasi yang lebih intens lagi terhadap sesama anggota Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang.; (b) Mengevaluasi di eksternal (diluar anggota KNPI Kota Malang) yaitu dengan melibatkan unsur-unsur kepemudaan yang ada di Kota Malang; (c) Menindaklanjuti hasil evaluasi; (d) Berinovasi mengemas kegiatan sedemikian rupa agar menarik minat dari generasi muda yang ada di Kota Malang; (e) Mengupayakan sarana dan prasarana yang dimiliki oleh Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang agar kedepannya kegiatan dapat berjalan lebih efektif.

Saran yang diberikan peneliti setelah melakukan penelitian antara lain (1) Disarankan kepada Pemerintah Kota Malang untuk lebih memberikan perhatian, pembinaan, pelatihan, bantuan dan kerjasama dengan Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang agar kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan pemuda atau generasi muda Kota Malang yang dilakukan oleh KNPI Kota Malang dapat berjalan dengan efektif. (2) Disarankan kepada Komite Nasonal Pemuda Indonesia (KNPI) Kota Malang agar lebih menjalin komunikasi yang baik antar sesama anggota maupun kepada unsur-unsur kepemudaan yang ada di Kota Malang agar kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan oleh KNPI Kota Malang dapat menarik simpati minta pemuda dan dapat dimanfaatkan oleh pemuda atau generasi muda. (3) Disarankan kepada generasi muda di Kota Malang untuk lebih menumbuhkan kesadaran bahwa pentingnya nilai-nilai Pancasila, agar Pancasila itu sendiri dapat dijadikan filter dari pengaruh globalisasi pada era saat ini dan juga dapat dijadikan pandangan hidup dan bermasyarakat.