SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perilaku Sosial Masyatakat Penghobi Burung Pleci di Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar

Agung Setio Wicaksono

Abstrak


ABSTRAK

 

Wicaksono, Agung Setio .2017 .Perilaku Sosial Masyarakat Penghobi Burung Pleci Di Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si (II) Siti Awaliyah, S.Pd, M.Hum

 

Kata kunci :Kehidupan sosial, Penghobi burung Pleci, Konsumtif, Perilakusosial

Manusia merupakan makhluk sosial yang bermasyarakat. Manusia mempunyai kebiasaan-kebiasaan yang mereka lakukan di dalam kehidupan bermasyarakat tentunya. Kebiasaan-kebiasaan itu kemudian menjadi kebudayaan yang dilakukan oleh manusia dalam masyarakat. Manusia sebagai unsur penting dalam terciptanya suatu budaya. Hal itu dipengaruhi oleh pemikiran manusia yang selalu berkembang.Sebagaicontohnyakebiasaanmasyarakat di Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar tentang hobinya dalam burung pleci, maka diperlukan penelitian mengenai perilaku sosial masyarakat penghobi burung pleci di DesaSukosewu Kecamatan Gandusari Blitar.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendiskripsikan beberapa hal mencangkup kebiasaan ,perilaku sosial, nilai-nilai sossial yang ada di masyarakat khususnya pada penghobi burung pleci. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa penjelasan-penjelasan mengenai berbagai kegiatan yang diselenggarakan di desa Sukosewu ,Gandusari, Blitar. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumenta siserta diperkuat dengan literatur.

Berdasarkan hasil analisa data yang dilakukan , diperoleh tiga simpulan sebagai berikut. Pertama, Pandangan masyarakat terhadap penghobi burung pleci di Desa Sukosewu Kecamatan Gandusari Kabupaten Blitar, memandang dengan adanya penghobi burung pleci dapat digunakan sebagai mata pencaharian tambahan. Kedua, Ragam burung pleci yang digemari masyarakat di Desa Sukosewu beragam  jenisnya, hal ini disesuaikan dengan kebutuhan dan  keinginan masyarakat untuk memelihara jenis burung pleci yang disukai untuk dijadikan burung kicau kelas perlombaan. Ketiga , Perilaku sosial masyarakat penghobi burung pleci di DesaSukosewu mayoritasmemiliki kegemaran yang berlebihan terhadap burung pleci,  mereka rela menghabiskan waktu untuk berkumpul dan membahas masalah yang terjadi pada burung pleci.