SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pendidikan Anti Radikalisme bagi Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang

Prasetio Utomo

Abstrak


ABSTRAK

 

Utomo, Prasetio. 2017. Pendidikan Anti Radikalisme bagi Santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang, Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (I) Dr. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., MH. (II) Drs. Suparlan Al Hakim, M, Si.

 

Kata Kunci: Pendidikan Anti Radikalisme, Santri, Pondok Pesantren Miftahul Huda Kemunculan berbagai gerakan radikalisme tidak dapat dilepaskan dari unsur keagamaan. Sebagai lembaga pendidikan keagamaan, pondok pesantren seringkali dikaitkan dengan aktivitas indoktrinasi paham radikal. Padahal, tidak menutup kemungkinan jika banyak pondok pesantren di Indonesia justru menanamkan nilai-nilai yang moderat dan toleran kepada santri-santrinya, sebagai contoh adalah Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Berawal dari hal tersebut, maka diperlukan penelitian mengenai pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan beberapa hal mencakup bentuk-bentuk pendidikan anti radikalisme bagi santri, nilai-nilai pendidikan anti radikalisme bagi santri, manfaat pendidikan anti radikalisme bagi santri, faktor pendukung dan penghambat pendidikan anti radikalisme berikut solusinya bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Data penelitian berupa penjelasan-penjelasan mengenai berbagai kegiatan yang diselenggarakan di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data ditemukan melalui kegiatan triangulasi data. Kegiatan analisis dimulai dari grand dan mini tour kemudian dilanjutkan dengan menetapkan domain tertentu sebagai pijakan. Berdasarkan hasil analisis data yang dilakukan, diperoleh enam simpulan sebagai berikut. Pertama, bentuk pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu pengajian kitab, pengajian non kitab, dan kegiatan non pengajian. Kedua, nilai-nilai dalam pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu nilai keagamaan, budi pekerti, nasionalisme, musyawarah, kepedulian sosial, dan, toleransi. Ketiga, manfaat dalam pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu meningkatkan pemahaman keagamaan, memperbaiki budi pekerti, memperdalam nasionalisme, membiasakan musyawarah, dan meningkatkan kepedulian sosial. Keempat, faktor pendukung pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu sarana dan prasarana, situasi dan kondisi, motivasi santri, dan penjelasan kiai. Kelima, faktor penghambat pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu motivasi santri dan kondisi fisik santri. Keenam, solusi mengatasi hambatan pendidikan anti radikalisme bagi santri di Pondok Pesantren Miftahul Huda Kota Malang yaitu kiai memberikan penekanan nasihat kepada santri dan efisiensi persiapan acara oleh panitia kegiatan.