SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai-nilai Pancasila yang Terkandung dalam Kesenian Tari Topeng Kona Di Kabupaten Bondowoso

Marveli Unzila Kagi

Abstrak


ABSTRAK

 

Kagi, Marveli Unzila. 2017. Nilai-nilai Pancasila yang Terkandung dalam Kesenian Tari Topeng Kona Di Kabupaten Bondowoso. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. H. Suparman Adi Winoto, SH, M.Hum (II) Drs. Ketut Diara Astawa, SH, M.Si

 

Kata Kunci: Nilai Pancasila, Tari Topeng Kona

Nilai Pancasila merupakan cita-cita, harapan, dan dambaan bangsa Indonesia yang akan diwujudkan dalam kehidupannya. Nilai Pancasila diupayakan terealisasi dalam sikap, tingkah laku dan perbuatan bangsa Indonesia. Nilai-nilai Pancasila yang ada dalam kesenian dapat di praktekkan dalam kehidupan kita. Berkaitan dengan hal tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam kesenian tari Topeng Kona agar nilai-nilai Pancasila tersebut bermanfaat bagi kehidupan kita.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk menjelaskan nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam kesenian tari Topeng Kona di Kabupaten Bondowoso yang meliputi (1) Sejarah tari Topeng Kona, (2) Tata cara pementasan tari Topeng Kona, (3) Makna gerak tari Topeng Kona, (4) Nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam tari Topeng kona, (5) Upaya pelestarian tari Topeng Kona di Kabupaten Bondowoso.

Jenis penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian ini di padepokan Gema Buana, di Desa Prajekan Kidul Kecamatan Prajekan, dalam mencari data dari informan yang terdiri dari Ketua padepokan Gema Buana, ketua unit padepokan Gema Buana dan Bagian Unit Program padepokan Gema Buana. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Padepokan Gema Buana berada di Desa prajekan Kidul Kecamatan Prajekan Kabupaten Bondowoso di padepokan ini terdapat beberapa kesenian khas dari Kabupaten Bondowoso. Kedua, tari Topeng Kona dibuat untuk mengenang jasa Juk Seng yang merupakan pemimpin desa Blimbing, pada awal terbentuknya tari Topeng Kona memiliki tiga gerakan seiring berjalannya waktu tari Topeng dijadikan sebuah seni pertunjukan dan gerak tari Topeng Kona ditambah tanpa merubah gerak lama. Ketiga, tata cara pementasan dalam tari Topeng Kona dilakukan dengan sederhana karena hanya melakukan do’a untuk meminta keselamatan dan kelancaran pada saat pertunjukan, pada saat prosesi pementasan dipimpin oleh seorang kiai dan membaca do’a bersama. Keempat, nilai-nilai Pancasila yang terdapat dalam kesenian tari Topeng Kona, yaitu nilai Ketuhanan, nilai Kemanusiaan, nilai Persatuan, nilai Kerakyatan, dan nilai Keadilan. Kelima, upaya yang dilakukan dalam pelestarian tari Topeng Kona telah dilakukan oleh padepokan dan oleh pihak pemerintah kabupaten melalui dinas pariwisata pemuda dan olahraga Kabupaten Bondowoso.

 

Berdasarkan hasil penelitian diatas maka saran yang dapat diberikan peneliti adalah:(1) bagi masyarakat Kabupaten Bondowoso dengan adanya tari Topeng Kona, kita sebagai masyarakat dan generasi penerus bangsa harus bisa menjaga serta melestarikan tarian tradisional agar selalu ada dan tidak dilupakan karena perkembangan zaman. (2) bagi Pemda Bondowoso, diharapkan lebih memperhatikan kesenian yang ada di daerah agar lebih dikenal. (3) bagi para penikmat tari Topeng Kona, nilai-nilai yang terkandung dalam tari Topeng Kona sebaiknya dapat dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari, agar menjadikan kita pribadi yang lebih baik.