SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Dampak Penggunaan Media Sosial Instagram terhadap Gaya Hidup Mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang

Afriska Widya Habsari

Abstrak


ABSTRAK

 

Media sosial instagram merupakan media sosial yang booming pada saat ini. Pengguna media sosial instagram ini didominasi oleh kalangan muda, seperti remaja dan para mahasiswa. Penggunaan media sosial instagram dapat menimbulkan dampak positif dan negatif tergantung bagaimana kita menggunakannya dan memanfaatkannya.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan atau menggambarkan apa saja faktor ketertarikan mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewaragenagaran Universitas Negeri Malang terhadap media sosial instagram serta bagaimana dampak positif dan dampak negatif akibat penggunaan media sosial instagram terhadap gaya hidup mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang.Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, membercheck, dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh beberapa kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut: Pertama, waktu penggunaan media sosial instagram oleh mahasiswa HKn UM dapat mencapai 12 jam sehari dan paling sebentar 2 jam sehari. Tujuan mahasiswa dalam menggunakan instagram ialah untuk mencari hiburan; untuk mencari informasi; serta untuk membagikan moment kepada followers.

Kedua, faktor ketertarikan mahasiswa membuat akun instagram karena instagram itu media sosial yang booming; faktor terpengaruh teman; dan faktor iseng. Menurut mahasiswa, kemasan instagram lebih modern dan fitur-fiturnya lebih lengkap; instagram juga merupakan media promosi yang menjanjikan; dan instagram menyediakan banyak informasi menarik.

Ketiga, mengenai dampak negatif, instagram membuat mahasiswa malas belajar; lambat dalam mengerjakan tugas; serta membuat tidak konsentrasi saat kuliah. Selain itu mahasiswa dapat menjadi konsumtif; suka menghamburkan uang; suka membuang waktu hingga lupa ibadah dan lupa bersosialiasi di dunia nyata; serta membuat mahasiswa jadi suka melihat gambarpornografi di instagram, serta menjadi seseorang yang suka berkata tidak sopan.

Keempat, mengenai dampak positif, membuat mahasiswa dapat meningkatkan motivasi belajar; menambah berbagai informasi dan pengetahuan; dapat meningkatkan prestasi serta mencari beasiswa; mahasiswa dapat lebih baik, rapi, dan sopan dalam berpakaian; dapat meningkatkan kepedulian sosial serta menjadikan mahasiswa lebih bersyukur; menjadikan mahasiswa tersebut lebih bertaqwa; serta dapat menjadi seseorang yang dapat mengendalikan diri.

 

Gaya hidup seseorang akan berubah sesuai dengan perkembangan zaman, sama halnya dengan menggunakan media sosial instagram. Menggunakan media sosial instagram secara terus menurus dapat memberikan suatu dampak tersendiri terhadap gaya hidup mahasiswa mahasiswa Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Universitas Negeri Malang