SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

NILAI-NILAI MORAL YANG TERKANDUNG DALAM PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI STRATEGI PEAMASARAN USAHA MAHASISWA JURUSAN HUKUM DAN KEWARGANEGARAAN UNIVERSITAS NEGERI MALANG

Arief Tri Widodo

Abstrak


ABSTRAK

 

Kemajuan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi masa kini ditunjukkan dengan mudahnya manusia untuk berkomunikasi dan berinteraksi. Dengan kehadiran internet manusia bisa melakukan komunikasi data teks, gambar, video, suara, bahkan komunikasi audiovisual secara langsung.Seiring dengan perkembangan internet, internet mampu melahirkan jaringan baru yang biasa dikenal dengan media sosial.Salah satu media sosial yang sedang booming di kalanganpengguna media sosialadalah media sosialinstagram.Manfaat yang ada pada instagram menjadi lahan baru yang efektif untuk melakukan kegiatan promosi. Dengan kemampuan penyebaran, jumlah teman dan bisa diakses oleh berbagai pengguna dimana saja, instagram  menjadi media alternatif baru untuk promosi dan sampai pada jual beli produk.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1)alasanpenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswajurusanHukumdanKewarganegaraan; (2) teknikpenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswajurusanHukumdanKewarganegaraan; (3) dampakekonomispenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswajurusanHukumdanKewarganegaraan; (4) kendaladalampenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswajurusanHukumdanKewarganegaraan; (5) upayadalammengatasikendalapenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswajurusanHukumdanKewarganegaraan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk keabsahan data dilakukan dengan meningkatkan ketekunan, menggunakan bahan referensi, membercheck, dan triangulasi. Kegiatan analisis data dimulai dari tahap reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan.

 

Adapun hasil penelitian ini adalah (1) AlasanmahasiswaJurusanHukumdanKewarganegaraanmenggunakanmediasosialInstagramsebagaistrategipemasaranmerupakansalahsatucarauntukmengawaliusahanya. Karenakemudahandalammemasarkanbarangterletakpadabanyaknya orang yang menggunakanInstagramdanmelihatsecaralangsungproduk yang di tawarkandenganiklan.Denganmengikutiakun orang ataupunpenjualansecaralangsungdapatmelihatpembaruan yang di lakukanolehakuntersebut.Selainitukeuntunganmemasarkanbaranglewat media sosialInstagramsangatterjangkauolehsiapapunpelakunya.Baikpelajar, mahasiswaataupunmasyarakatsecaraumum.(2)Karena yang dilihatolehparakonsumenpertamaadalahnamaakunatauprofil, darinamatersebutsudahmemberikankesanbahwaakuntersebutsebagailapakpenjualanataubukan.Selanjutnyamengunggahgambar di akunpenjualanmembutuhkanalatdengankualitas yang bagus, tujuannya agar gambar yang di hasilkanterlihatjelasdannyata.Kemudianmemberiketeranganpadagambarjugamenjadihalterpentingpadateknikpengunggahanataumempostingini, harapannyakonsumendapatmelihatgambarsecarajelasdanmendapatinformasitentangkondisibarangtersebut.Sebuahakunpenjualan di harapkanmemilikipengikutatau follower yang banyakkarenadenganmemiliki follower yang banyak, pemasaranbarangmenggunakan media sosialInstagrammenjadilebihefektifdanmenjangkausegalasasaranatau target pasaryaituparakonsumen.SecaraumumtransaksiataupembayaranbelanjaberbasisInstagramdapatdilakukandenganduacara, yang pertamayaitudenganpembayaran transfer uangmelaluisesamarekening bank ataupunantarrekening bank lain.Yang kedua adalah dengan melakukan COD (Cost On Delivery) dimana sistem transaksi atau pembayaran ini, pihak yang bersangkutan baik pembeli maupun penjual melakukan kesepakatan untuk bertemu secara langsung dan menyerahkan barang sekaligus melakukan pembayaran secara tunai.(3)Penggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswadinilaicukupefektif, karenasaatinipenggunaInstagramsangatramaiterutamapadakalangananakmuda yang memiliktingkatkonsumtiftinggi.DenganbanyaknyapenggunaInstagramsaatini, membuatkemajuankomunikasisemakinpesat, hinggadimanapundankapanpunseoranginginmencariinformasimenjadilebihmudah.AdanyajaringandalampenggunaanInstagram yang di manfaatkanpenggunanyauntukberkomunikasidijadikan target sasarandalampemasaransuatuprodukolehpelakuusaha.(4)Kendala yang di hadapidalampenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswa yang pertamakurangnyakepercayaan.Kedua, banyaknyapenggunaInstagramsaatini, selainmudahdigunakanuntukstrategipemasaran yang menjangkaubanyakkalanganjugaberakibattimbulnyapersaingan. Di dalamduniabisnisapabilasuatuusaha yang sudahmajudansuksesakanditiruoleh orang lain untukmelakukanhal yang sama.Ketigapengirimanmenjadikendalakarenamemakanwaktu yang lama.Selainitukebanyakanparakonsumen yang akanmembelibarangkembaliberpikirkedua kali setelahmengetahuiongkospengiriman yang di bebankanpadapembelitersebuttergolongmahal. (5) Upayaatausolusidalammengatasikendalapenggunaan media sosialInstagramsebagaistrategipemasaranusahamahasiswaJurusanHukumdanKewarganegaraan yang pertama, peningkatankepercayaandapatdilakukandenganpelayanan yang baikmeliputipenjelasanterhadapbarang, bersikapcekatan, danberkataramah. Selainitumelakukantestimoniterhadappembeli yang sudahmelakukantransaksijugatermasukpenting, karenahalitumerupakanbentukpenghargaan yang di dapatkanolehpembeli.Kemudian yang keduaupayaatausolusimenghadapiadanyapersaingandapatdilakukandenganmembacakebutuhanpasar yang terusberkembang.Yang ketiga, kendalapengiriman yang berakibatmundurnyakonsumen yang akanmembelibarangdapatdilakukandenganmelakukankesepakatanantarakeduabelahpihakyaitupenjualdanpembeli.