SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PerilakuSosialPelajarPelakuBisnisMulti Level Marketing (Mlm) Herbal Kesehatan Di KradenanKelurahanKarangketugKecamatanGadingrejo Kota Pasuruan

Dimas Medy Pramudya

Abstrak


ABSTRAK

 

Pramudya, DimasMedy. 2017.PerilakuSosialPelajarPelakuBisnisMulti Level Marketing (Mlm) Herbal Kesehatan Di KradenanKelurahanKarangketugKecamatanGadingrejo Kota Pasuruan. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan,JurusanHukumdanKewarganegaraan, FakultasIlmuSosial, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Untari, M.Si. (II) Drs. Margono, M.Pd, M.Si.

 

Kata Kunci: Perilaku Sosial, Bisnis MLM, Herbal Kesehatan

MLM merupakansebuahsistempemasaran modern melaluijaringandistribusi yang dibangunsecarapermanendenganmemposisikanpelangganperusahaansekaligussebagaitenagapemasaran. Singkatnya, bahwa MLM adalahsuatukonseppenyaluran (distribusi) barangberupaprodukdanjasatertentu, yang memberikesempatankepada para konsumenuntukturutterlibatsebagaipenjualdanmemperolehkeuntungan di dalamgariskemitraannya. Bisnis MLM saat ini makin digemari, banyak pelku bisnis baru yang menjalankan bisnis ini setiap harinya. Bisnis ini tidak membatasi, siapa saja boleh bergabung, oleh karena itu banyak pemuda yang masih berstatus sebagai pelajar ikut menjadi pelaku bisnis. Hal tersebut memberi dampak kepada perilaku sosial pelajar pelaku bisnis MLM terhadap orangtua dan terhadap lingkungan sekitar menjadi cuek dan acuh. Mereka hanya melakukan pekerjaan bisnisnya.

Penelitaninidilaksanakanbertujuan (1) menjelaskanperilakusosialpelajar yang mengikutibisnis MLM herbal kesehatan di KradenanKelurahanKarangketugKecamatanGadingrejo Kota Pasuruan (2) menjelaskanrespon orang tua  yang anaknyamengikutibisnis MLM di KradenanKelurahanKarangketugKecamatanGadingrejo Kota Pasuruanini (3) menjelaskandampakbisnis MLM herbal kesehataninikepadapelakubisnis yang masihberstatussebagaipelajar di KradenanKelurahanKarangketugkecamatanGadingrejoini. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah dengan pengamatan, wawancara, dokumentasi, catatan lapangan, dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan pengumpulan bukti, pengujian bukti, pengkategorian, tabulasi, dan penarikan kesimpulan.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa: (1)perilakusosialpelajar yang mengikutibisnis MLM herbal kesehatan di Kradenaninimengalamiperubahansosial;(2) responorangtua yang anaknyamengikutibisnis MLM herbal kesehatan di Kradenaniniberfariatif, adaorangtua yang tidakmendukunganaknyamengikutibisnis MLM tersebutdanada pula orangtua yang menyetujuisertacenderungmendukunganaknyamengikutibisnis MLM herbal kesehatantersebut; (3)dampakpositifdannegatifdaribisnistersebut adalah mendapatkan penghasilan sendiri dan dampak negatifnya adalah berkurangnya motivasi untuk belajar.

 

Merujukpadahasilpenelitianini saran yang dapatdiberikanantara lain: (1) kepada masyarakat, Orangtuaseyogyanyamengawasianaksecara pro-aktif, karenahaltersebutdapatmenentukanmasadepananaknya. Fenomena yang terjadi di KradenanKelurahanKranagketugsaatinimemangtidakbisadihindari, iming-imingmendapatuanglebihsangatmenarikminatpemuda yang masihberstatussebagaipelajar. Olehkarenaitu, orangtuasangatmenentukanperilakusosialdanmasadepananaknya. Merekajugaharusmengajarkantentangkepedulianantar sesame agar proses silaturahmitidakhilangkarenasikapcuek yang dilakukananaknyasemenjakmengikutibisnis MLM ini (2) kepada penelitin selanjutnya, lanjutanpenelitiansangatefektifbagiupayapenanamanperilakusosial yang baikdanmengutamakanpentingnyapendidikan. Denganpenelitianmendalammakahaltersebuttentunyadapatdijadikansebagaibahanpenelitianselanjutnya yang akanbergunabagigenerasimudadimasamendatang.