SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PESAN MORAL KARAKTER B.J HABIBIE MUDA DALAM FILM RUDY HABIBIE

Ajeng Mutiara Sukma

Abstrak


ABSTRAK

 

Film "Rudy Habibie" merupakan film yang berasal dari Indonesia dengan genre drama. Dalam film ini terdapat banyak pesan moral yang disampaikan sekaligus dapat mengetahui karakter tokoh B.J Habibie. Pesan moral adalah amanat yang terkandung dalam suatu cerita baik secara tersirat maupun tersurat sehingga dapat memberikan suatu pelajaran atau nilai-nilai yang baik terhadap masyarakat akan penyampaian suatu cerita. Sedangkan karakter adalah tabiat, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dengan yang lain.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) inti cerita film Rudy Habibie; (2) alur/lintasan cerita film Rudy Habibie; (3) pesan moral yang dapat digali dari karakter B.J Habibie muda dalam film Rudy Habibie; dan (4) apa yang menyebabkan B.J Habibie memiliki nilai-nilai karakter dalam film Rudy Habibie.

Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif serta jenis penelitian deskriptif. Dengan menggunakan analisis semiotika sinematografi oleh Christian Metz tokoh semiotik yang berasal dari Paris. Semiotika sinematografi adalah ilmu tanda. Dimana tanda ini berguna untuk mengetahui hal yang penting untuk menggali pesan moral dari karakter B.J Habibie muda dalam film Rudy Habibie.

Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, Inti cerita dari film Rudy Habibie menceritakan tentang masa muda seorang Bacharudin Jusuf Habibie saat kuliah di RWTH (Rheinisch Westfalische Technische Hochschule) di Aachen, Jerman. Keahlian Rudy di bidang dirgantara membuat Rudy ingin mendirikan industri dirgantara di Indonesia. Rudy yang tergabung dalam PPI (Perhimpunan Pelajar Indonesia) dan menjadi ketuanya memiliki visi membentuk industri dirgantara. Melalui PPI Rudy ingin melaksanakan seminar pembangunan yang bertujuan untuk pembangunan Negara Indonesia agar menjadi maju. Kedua, Ada delapan belas adegan yang terdapat di film Rudy Habibie. Kedelapan belas adegan tersebut menjadi kunci yang dapat membangun cerita. Film Rudy Habibie mempunyai alur maju mundur. Dapat dikatakan demikian karena beberapa adegan pada saat Rudy remaja diceritakan secara maju tetapi ada adegan yang menceritakan masa kecil Rudy atau yang sering disebut dengan istilah flashback.

Ketiga, Terdapat delapan pesan moral yang dapat digali dari karakter yang dimiliki oleh Rudy Habibie dalam film. Kedelapan pesan moral tersebut adalah moral religius, moral toleransi, moral kerja keras, moral semangat kebangsaan dan demokratis, moral cinta tanah air, moral bersahabat, moral tanggung jawab, serta moral bijaksana. Keempat, Karakter yang dimiliki Rudy dalam film Rudy Habibie disebabkan oleh beberapa faktor yang membentuknya. Sang ayah sangat berperan penting dalam membentuk karakter seorang Rudy Habibie. Rudy selalu ingat pesan ayahnya untuk menjadi mata air yang artinya membawa kebaikan bagi orang-orang di sekelilingnya. Ada juga faktor lainnya yaitu dari pengalaman masa kecil Rudy yang hidup pada jaman penjajahan Jepang yang akhirnya Rudy menginginkan pembangunan nasional di Indonesia agar bangsa ini tidak terjajah lagi dan setara dengan Negara maju lainnya. Ditambah lagi Semangat ini didukung oleh pidato Bung Karno yang menyuarakan kepada generasi muda untuk berkarya demi bangsa.

 

Beberapa saran dari peneliti diajukan kepada beberapa pihak, yakni (1) bagi penonton agar perfilman Indonesia memiliki kualitas yang baik. Seyogyanya para penonton harus mencintai film karya anak bangsa contohnya seperti film Rudy Habibie ini. Film ini adalah film yang berbobot dan sarat akan pesan moral di dalamnya. Sehingga penonton dapat meneladani hal-hal baik yang terdapat dalam film tersebut, (2) bagi generasi muda, agar tumbuh sikap yang berkarakter dan berakhlak mulia seyogyanya, dapat dilakukan dengan cara meneladani sifat-sifat B.J Habibie muda yang patut dicontoh dalam film Rudy Habibie. Sehingga dapat menciptakan evolusi mental dan mengispirasi untuk menjadikan generasi muda yang baik dan mampu bersaing di kancah internasional.