SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENERAPAN DASA DHARMA PRAMUKA DALAM KEGIATAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH TSANAWIYAH MA’ARIF UDANAWU

Maya Hidayatulloh

Abstrak


ABSTRAK

 

PENERAPAN DASA DHARMA PRAMUKA DALAM KEGIATAN

EKSTRAKURIKULER PRAMUKA SEBAGAI SALAH SATU UPAYA

PENANAMAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MADRASAH

TSANAWIYAH MA’ARIF UDANAWU

Maya Hidayatulloh

Prodi PPKn, Fakultas Ilmu Sosial,

Universitas Negeri Malang

Jalan

Semarang 5, Malang 65145

mail :

mayahidayatulloh@gmail.com

ABSTRAK:

Penelitian ini

bertujuan untuk mendeskripsikan :

1)

bentuk

bentuk kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah

Tsanawiyah Ma’arif

Udanawu, 2) nilai

nilai Dasa Dharma Pramuka

yang diterapkan dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah

Tsanawiyah Ma’arif Udanawu, 3) nilai

-nilai pendidikan karakter yang

ditanamkan melalui penerapan Dasa Dharma Pramuka dalam kegiatan

ekstrakurikul

er Pramuka, 4) kendala yang dialami dalam menanamkan

nilai

nilai pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma

Pramuka pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah

Tsanawiyah Ma’arif Udanawu, dan 5) upaya yang dilakukan untuk

mengatasi kendala yan

g dialami dalam menanamkan nilai

-nilai

pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma Pramuka pada

kegiatan ekstrakurikuler Pramuka.

Hasil penelitian yang diperoleh dari

penelitian ini adalah sebagai berikut : 1) bentuk

bentuk kegiatan

ekstrakurikuler P

ramuka di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Udanawu

yang terdiri dari kegiatan masa orientasi penggalang, latihan rutin,

peringatan hari ulang tahun Pramuka, perkemahan Idul Adha,

musyawarah penggalang dan kegiatan partisipasi

2) nilai

-nilai Dasa

Dharma Pramuka

yang sudah diterapkan dalam kegiatan

ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Udanawu

Blitar adalah a) taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, b) cinta alam

dan kasih sayang sesama manusia, c) patriot yang sopan dan kesatria,

d) patuh dan suka ber

musyawarah, e) rela menolong dan tabah, f)

rajin, terampil dan gembira, g) hemat, cermat dan bersahaja, h)

disiplin, berani dan setia, i) bertanggung jawab dan dapat dipercaya,

dan j) suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan, 3) nilai

nilai

pendidikan k

arakter yang sudah ditanamkan melalui penerapan Dasa

Dharma Pramuka dalam kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di

Madrasah Tsanawiyah Ma’arif Udanawu adalah a) religius, b) jujur, c)

toleransi, d) disiplin, e) kerja keras, f) kreatif, g) mandiri, h)

demokratis

, i) rasa ingin tahu, j) semangat kebangsaan, k) cinta tanah

air, l) menghargai prestasi, m) bersahabat/ komunikatif, n) cinta

damai, o) gemar membaca, p) peduli lingkungan, q) peduli sosial dan

r) tanggung jawab , 4) kendala yang dialami dalam menanamkan

nilai

nilai pendidikan karakter melalui penerapan Dasa Dharma Pramuka

pada kegiatan ekstrakrikuler Pramuka di Madrasah Tsanawiyah

Ma’arif Udanawu antara lain kesadaran dari anggota Pramuka yang

masih kurang dalam mengikuti kegiatan latihan dan jumlah pelat

ih

yang tidak sebanding dengan jumlah anggota Pramuka, dan 5) upaya

yang dilakukan untuk mengatasi kendala yang dialami dalam

menanamkan nilai

nilai pendidikan karakter melalui penerapan Dasa

Dharma Pramuka pada kegiatan ekstrakurikuler Pramuka di Madrasah

Tsanawiyah Ma’arif Udanawu antara lain memberikan sanksi kepada

siswa yang bolos dan datang terlambat ketika latihan, mengadakan

tutorial sebaya dengan membentuk anggota eksekutif Pramuka dan

juga membagi tanggal latihan bagi anggota Pramuka.