SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Nilai moral yang terkandung dalam Tarian Caci di Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat

Maria Grace Putri Edi

Abstrak


ABSTRAK

 

Edi, Maria Grace Putri 2017. Nilai moral yang terkandung dalam Tarian Caci di Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat. Skripsi, Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang, Pembimbing: (1) Drs. Suparlan Al Hakim, M.Si (2) Dr. Nuruddin Hadi, SH,MH

 

Kata Kunci :  Nilai Moral, Tarian Caci

Nilai moral merupakan  nilai yang mengacu pada tindakan manusia berkaitan dengan baik buruknya tindakan manusia dalam kehidupannya. Nilai moral berkaitan dengan perbuatan baik dan buruk yang menjadi dasar kehidupan manusia dan masyarakat. Nilai- nilai moral yang ada dalam suatu kesenian dapat menjadi nilai nilai yang bisa ditiru dan di praktekan dalam kehidupan kita. Berkaitan dengan hal tersebut maka peneitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai-nilai moral yang terkandung dalam tarian caci agar nilai-nilai moral yang terkandung dalam tarian tersebut bermanfaat bagi kehidupan kita.

Tujuan penelitian ini untuk menjelaskan nilai-nilai moral yang terdapat dalam Tarian Caci di Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat yang meliputi : (1) Sejarah terbentuknya tarian caci, (2) pelaksanaan tarian caci di Desa Batu Cermin, dan (3)  nilai moral yang terkandung dalam tarian caci di Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat

Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dalam mencari data dari informan yang terdiri dari Kepala Desa Batu Cermin, Tetua Adat Desa Batu Cermin, dan Penari Tarian Caci. Pengumpulan data dilakukan dengan (3) metode yaitu: Wawancara, dokumentasi dan Observasi. Analisis data dilakukan dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan (verifikasi).

Mengacu pada analisi tersebut, maka diperoleh hasil penelitian sebagai berikut Pertama Desa Batu Cermin merupakan salah satu desa yang berada di kota Labuan Bajo, Desa ini merupakan dsa kecil yang merupakan desa dngan penduduk yang berjumlah 4.900 jiwa, dengan penduduk mayoritas beragama Kristen Katolik. Di desa inilah Tarian Caci berkembang dan sering dipentaskan.

Kedua, asal usul tarian caci ini belum diketahui sejak kapan tarian ini ada di Desa Batu Cermin namun tarian ini sudah lama ada dan diwariskan turun temurun oleh para leluhur. Tarian ini berkembang dengan baik dan masih dipertahankan sampai sekarang

Ketiga, Pelaksanaan Tarian Caci ini biasanya dipertunjukan dalam upacara- upacara adat besar, upacara penerimaan tamu penting, tarian caci ini merupakan ucapan rasa syukur masyarakat untuk berkat Tuhan. Tarian caci ini dilengkapi dengan alat-alat atau perlengkapan caci, kostum tarian caci, gerakan-gerakan tarian caci, serta tahap-tahap pelaksanaan tarian caci.

Keempat, nilai-nilai moral yang terdapat dalam Tarian Caci di Desa Batu Cermin Kecamatan Komodo Kabupaten Manggarai Barat yaitu : Nilai Moral Ketuhanan, dan Nilai Moral Sosial.

 

Dari penelitian ini disarankan agar: (1) Bagi Pemerintah Kabupaten Manggarai Barat, Tarian caci ini harus dikembangkan dan dilestarikan agar bertahan dan tetap di pentaskan , sehingga lebih dikenal oleh khalayak banyak. Tarian caci ini perlu di lestarikan, selalu dipentaskan kalau bisa juga di lombakan dalam tiap acara-acara besar agar selalu di ingat oleh orang banyak agar nantinya juga lebih banyak yang mengetahui tentang tari caci ini. (2) Bagi Masyarakat Desa Batu Cermin, dengan adanya tarian warisan nenek moyang seperti tarian caci ini, kita sebagai penerus harus bisa menjaga serta melestarikan tarian tradisional ini agar selalu ada dan tidak dilupakan karena perkembangan zaman (3) Bagi Para penikmat Tarian Caci atau Penonton, nilai- nilai moral yang terdapat dalam tarian caci ini sebaiknya bisa di praktekan dalam kehidupan sebagai nilai nilai moral penting yang dapat menjadikan kita pribadi yang lebih baik.