SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Program Pemerintah Kabupaten Madiun dalam Pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni

Damas Panji Kuncoro Agung

Abstrak


ABSTRAK

 

Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni yang dilaksanakan di Kabupaten Madiun merupakan salah satu program penanggulangan dan pengentasan kemiskinan di Kabupaten Madiun. Melihat masyarakat miskin Kabupaten Madiun yang masih banyak memiliki rumah yang dapat dikatakan tidak layak huni, oleh karena itu Pemerintah Kabupaten Madiun membuat kebijakan dengan memberikan bantuan rehabilitasi rumah tidak layak huni yang dimana Pemerintah Kabupaten Madiun membangun rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas kesejahteraan di masyarakat Kabupaten Madiun.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni dan efektivitas pelaksanaan programnya dengan deskripsian yakni (1) Mengetahui latar belakang Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun; (2) Mengetahui Perencanaan Pelaksanaan Rumah Tidak Layak Huni; (3) Mengetahu Implementasi Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun; (4) Efektivitas Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga dan Cipta Karya Bidang Perumahan dan Penyehatan Lingkungan Kabupaten Madiun dan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Madiun Bidang Sosial dan Budaya. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi yang berkaitan dengan pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun. Kegiatan analisis data, dimulai dengan Reduksi data kemudian penyajian dan penarikan kesimpulan.

 

Berdasarkan dengan hasil dari analisis data yang dilakukan peneliti, diperoleh kesimpulan (1) Latar Belakang Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun adalah sebagai program pengentasan kemiskinan yang ada di Kabupaten Madiun. Dengan melihat masarakat miskin Kabupaten Madiun yang masih banyak tinggal di rumah yang tidak layak huni, oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Madiun membuat kebijakan Rehabiltasi Rumah Tidak Layak Huni dengan memberikan bantuan perbaikan rumah dari tidak layak huni menjadi layak huni; (2) Perencanaan Pelaksanaan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni adalah untuk mempersiapkan hal-hal mengenai Pelaksanaan program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni, yakni Kriteria rumah layak huni, target pelaksanaan pembangunan rumah tidak layak huni, lokasi sasaran program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni; (3) Program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni diimplentasikan dengan bentuk kegiatan perbaikan rumah; (4) Efektivitas program Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun diukur dengan 3 (Tiga) indikator yaitu : Ketepatan penggunaan anggaran program, ketepatan sasaran program bantuan, ketepatan target pelaksanaan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni, dari indikator tersebut maka Kebijakan Rehabilitasi Rumah Tidak Layak Huni di Kabupaten Madiun telah dilaksanakan dengan baik, efektif dan efisien.