SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan E-book Berbasis Flipbook sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran PPKn pada Materi Keberagaman Suku, Agama, Ras dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di SMP Brawijaya Smart School Kota Malang

Alawiyatul Miskiyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Miskiyah, Alawiyatul. 2017. Pengembangan E-Book Berbasis Flipbook sebagai Sumber Belajar dalam Pembelajaran PPKn pada Materi Keberagaman Suku, Agama, Ras, dan Antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di  SMP Brawijaya Smart School Kota Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Arbaiyah Prantiasih, M.Si. (II) Rusdianto Umar, S.H, M.Hum.

 

Kata Kunci: E-Book, Flipbook, Sumber Belajar, Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan.

Pendidikan sebagai suatu hal yang sangat penting untuk mencerdaskan anak bangsa dan membawa bangsa yang maju. Pendidikan harus disesuaikan dengan perkembangan zaman dan kebutuhan masyarakat. Agar menyeimbangkan dengan zaman guru harus menggunakan strategi untuk mencapai tujuan pembelajaran. Guru yang menggunakan metode ceramah dapat membuat siswa bosan dan menggunakan sumber belajar berupa buku dengan halaman yang cukup tebal dapat membuat siswa kurang tertarik untuk membaca buku mata pelajaran PPKn. Berkembangnya teknologi dapat dimanfaatkan oleh pendidikan untuk membuat sumber belajar yang praktis. Berkembangnya teknologi dapat menciptakan buku elektronik (e-book) berbentuk flipbook. Flipbook sebagai salah satu software yang dapat digunakan untuk membuat buku elektronik PPKn.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan e-book berbasis flipbook sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn pada materi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika di  SMP Brawijaya Smart School Kota Malang. Penelitian dan pengembangan ini dilakukan pada siswa kelas VII SMP Brawijaya Smart School Kota Malang. Peneliti memodifikasi model pengembangan menurut Sugiyono yang semula ada sepuluh langkah menjadi tujuh langkah. Langkah-langkah penelitian meliputi tahap (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain, (6) uji coba produk, (7) revisi produk.

Tingkat kelayakan e-book berbasis flipbook sebagai sumber belajar dalam pembelajaran PPKn kelas VII SMP pada materi keberagaman suku, agama, ras, dan antargolongan dalam Bingkai Bhinneka Tunggal Ika diperoleh dari hasil validasi dan uji coba produk (siswa). Hasil validasi ahli media mencapai 93% berarti sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi materi mencapai 94% berarti sangat layak untuk digunakan. Hasil validasi praktisi pembelajaran mencapai 90,4% berarti sangat layak untuk digunakan. Uji coba kelompok kecil mencapai 90,9% berarti sangat layak untuk digunakan. Sedangkan uji coba kelompok besar mencapai 90,6% berarti sangat layak untuk digunakan. Produk pengembangan e-book berbasis flipbook dalam kategori sangat layak untuk digunakan sebagai media atau sumber belajar.

 

Saran untuk pengembang selanjutnya, produk pengembangan e-book berbasis flipbook ini dapat digunakan pada materi-materi lain dengan menambahkan gambar, video, animasi, serta membuat tampilan yang lebih menarik, dan dilanjutkan untuk penelitian keefektifan produk dikelas.