SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Gaya Hidup Musisi Rock Romantick Ditinjau Dari Segi Norma Masyarakat Ponorogo

Sesarutomo Yoga Widiatmojo

Abstrak


ABSTRAK

 

Widiatmojo, Yoga, Sesarutomo. 2017. Gaya hidup musisi rock Romantick ditinjau dari segi norma masyarakat Ponorogo. Skripsi, Prodi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Margono, M. Pd., M. Si dan Siti Awaliyah, S. Pd., SH., M.Hum.

 

Kata Kunci: gaya hidup, musisi rock, norma.Musik rock merupakan sebuah aliran musik yang muncul di Amerika sekitar tahun 1950-an, pemain dari musik rock tersebut biasa disebut rocker atau musisi rock. Akan tetapi oleh masyarakat luas rocker atau musisi rock tersebut dikenal memiliki gaya hidup yang cenderung negatif. Hal tersebut salah satunya dikarenakan musik rock banyak berkembang dikalangan anak muda yang memiliki kehidupan bebas, akhirnya hal tersebut turut mempengaruhi perjalanan musik rock, oleh sebab itu pandangan negatif selalu melekat pada musisi rock hingga sekarang. Kebesaran musik rock turut mempengaruhi dunia musik Indonesia, termasuk salah satu kota di Indonesia yaitu Ponorogo. Dimana disana banyak ditemukan band rock seperti Romantick band yang hingga sekarang turut meramaikan pertunjukan di Indonesia.

Tujuan dari dilakukannya penelitian ini ialah (1) mengetahui gaya hidup musisi rock Romantick khususnya gaya makan, gaya berpakaian, dan gaya pergaulan, (2) mengetahui norma masyarakat Ponorogo khususnya norma makan, norma berpakaian, dan norma pergaulan, (3) mengetahui kesesuaian antara gaya hidup musisi rock Romantick dengan norma masyarakat Ponorogo. Sehingga nantinya gaya hidup musisi rock Romantick dapat diketahui berdasarkan sebuah kajian yang jelas dan bukan opini semata.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Untuk memperoleh data peneliti turut terjun ke lokasi secara langsung, dimana lokasi dari penelitian ini ialah kota Ponorogo. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder dengan prosedur seperti observasi, wawancara, serta dokumentasi. Peneliti juga melakukan analisis data dan juga pengecekan keabsahan temuan terhadap data yang diperoleh. Tahap pada penelitian yang dilakukan adalah tahap pra-lapangan, tahap pekerjaan lapangan, dan tahap analisis data.

 

Berdasarkan penelitian yang dilakukan dapat diketahui tentang (1) gaya hidup musisi rock romantick seperti, mereka berdoa sebelum makan, makan dengan duduk, merapikan peralatan setelah makan, berpakaian seperti masyarakat pada umumnya, serta memiliki sikap hormat dalam bergaul dengan siapapun. (2) turut diketahui pula tentang norma masyarakat Ponorogo terkait makan, berpakaian, serta pergaulan. Norma masyarakat Ponorogo mengharuskan berdoa sebelum dan sesudah makan, makan dengan duduk, tidak banyak tingkah, harus memakai pakaian yang tertutup dan sopan, serta harus menghargai kepada siapapun. (3) berdasarkan penelitian yang telah dilakukan juga turut diketahui pula bahwa gaya hidup musisi rock Romantick sesuai dengan norma masyarakat Ponorogo.