SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANAN PEMERINTAH DESA UNTUK MENDORONG PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PEMBANGUNAN DESA DI DESA NGIMBANGAN KECAMATAN MOJOSARI KABUPATEN MOJOKERTO

RICCA FAUZIA

Abstrak


ABSTRAK

 

Fauzia, Ricca. 2017. Peranan Pemerintah Desa untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Suparman Adi Winoto, SH., M. Hum, (II) Drs. Suparlan Al Hakim, M. Si

 

Kata Kunci: Peranan, Pemerintah Desa, Partisipasi Masyarakat, Pembangunan

Desa

 

Pembangunan desa adalah upaya peningkatan kualitas hidup dan kehidupan untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat desa yang sudah ditetapkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa.Pemerintah desa harus menjalankan pengelolaan desa maka dari itu kepala desa beserta perangkatnya memiliki peranan yang harus dijalankan masing-masing. Sesuai dengan tugas, wewenang, dan kewajiban kepala desa, kepala desa dan perangkat desa mempunyai tanggung jawab yaitu menggerakkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan.Dengan adanya peranan pemerintah yang bisa mendorong partisipasi pembangunan diharapakanmasyarakat Desa Ngimbangan bisa mensejahterakan desanya agar lebih maju. Dengan terjalinnya kerja sama yang baik antara warga masyarakat dengan pemerintah desa maka akan memotivasi tumbuhnya kesadaran membangun kebersamaan antara kedua belah pihak.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui (1)Bagaimana program pembangunan Desa Ngimbangan dalam pelaksanaan pembangunan desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto; (2) Bagaimana partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto; (3) Bagaimana peranan pemerintah desa untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto; (4) Apakah faktor-faktor penghambat upaya mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa diDesa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto; (5) Bagaimana cara mengatasi faktor-faktor penghambat mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto.Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Pada penelitian deskriptif ini, peneliti berusaha untuk menggambarkan bagaimana peranan pemerintah desa untuk mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan desa. Pengumpulan data tersebut dilakukan dengan metode yaitu: wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mengumpulkan dan mengecek data yang diperoleh dari lapangan, reduksi data, analisis data, dan penyimpulan.

Adapun  hasil penelitian ini dapat dijabarkan sebagai berikut.Pertama, Program Pembangunan Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto terbagi menjadi beberapa bidang, pemerintah desa mengelompokkannya dalam bidang pertanian, bidang sosial, bidang pendidikan, bidang kemasyarakatan, dan bidang umum.Dalam bidang pertanian contohnya yaitu pembangunan saluran air  untuk pengairan persawahan. Dalam bidang sosial contohnya yaitu bedah rumah dan beras raskin. Dalam bidang pendidikan contohnya pendirian PAUD, TK, dan TPA/ TPQ dan seperti halnya perbaikan halaman TK. Dalam bidang kemasyarakatan contohnya pemberdayaan masyarakat. Dalam bidang umum contohnya yaitu peningkatan layanan publik dan pembangunan kantor desa, pembangunan gazebo, pembangunan kantor kepala desa, dan juga pembangunan taman yang ada di lingkup kantor desa.Kedua,Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto dalam keinginan untuk terlibat dalam pembangunan desa sangat tinggi terlihat dari kepartisipasiannya. Ketiga, Peranan Pemerintah Desa untuk Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto dipengaruhi oleh cara yang dimiliki oleh pemerintah desa untuk mendorong partisipasi dan keikutsertaan pemerintah dalam pembangunan.Keempat, Faktor-Faktor Penghambat Upaya Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokertobiasanya terjadi karena kurangnya pemahaman terhadap program kegiatan. Kelima, Cara Mengatasi Faktor-Faktor Penghambat Mendorong Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Desa di Desa Ngimbangan Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto biasanya yaitu dengan cara memberikan pengarahan atau penyuluhan kepada masyarakat.

Saran yang diberikan oleh peneliti setelah melakukan penelitian ini antara lain: (1) Seharusnya bagi pemerintah desa pembangunan dalam bidang pendidikan yang ditingkatkan bukan hanya pavingisasi dan perbaikan gedungnya saja tetapi dengan meningkatkan mutu atau kualitas belajar dengan memberikan sumbangan buku dan guru yang berkualitas pula. (2) Bagi masyarakat desa dalam melakukan partisipasi sesuai dengan hati nuraninya sendiri alangkah baiknya jika terus dipertahankan agar menjadi contoh bagi generasi muda selanjutnya. (3) Pemberian motivasi pemerintah desakepada masyarakat agar ikut tergerak untuk ikut dalam sebuah pembangunan dengan pemberitahuan kalau adanya rapat diberitahu jauh-jauh hari sebelum acara dilakukan sebaiknya dilakukan dengan cara kejelasan seperti pemberian undangan agar tidak lupa. (4) Perbedaan pendapat yang menjadi faktor penghambat seharusnya para pemerintah aktif dalam mengajak masyarakat ikut berpendapat agar perbedaan pendapat dapat dikurangi. (5) Mengambil jalan tengahnya bagaimana menurut persetujuan semua pihak yang ada agar solusi yang diberikan oleh pemerintah dalam mengatasi masalah bisa disepakati bersama dengan semua pihak yang ada.