SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas XI TKJ di SMK Negeri 11 Malang

Sariyah Sariyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sariyah. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning TerhadapKemampuan Berpikir Kritis SiswaKelas XITKJdi SMKNegeri 11Malang. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Nur Wahyu Rochmadi, M. Pd., M. Si (II) Drs. Petir Pudjantoro, M. Si.

 

Kata Kunci: Pembelajaran, Model Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis.

 

Model Pembelajaran Problem Based Learning merupakan salah satu model pada pendekatan saintifik dimana Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran yang menyajikan suatu situasi masalah autentik kepada siswa. Siswa dituntut untuk aktif melakukan penyelidikan secara mendalam sehingga siswa mampu menyusun pengetahuan mereka sendiri, mengembangkan inkuiri dan keterampilan berpikir pada level yang lebih tinggi, mengembangkan kemandirian dan rasa percaya diri.

 

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh penerapan model pembelajaran Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 11 Malang dengan Populasi siswa kelas XI TKJ. Dalam penelitian ini kelas XI TKJ 2 DAN XI TKJ 3 merupakan sampel penelitian. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan rancangan penelitian nonequivalent pretest-postest control group design. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji beda menggunakan Independent Sample T-test.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kelas eksperimen yang diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning memperoleh rata-rata peningkatan kemampuan berpikir kritis yang lebih besar dibandingkan kelas kontrol yaitu dari 53,38 menjadi 80,80, sementara pada kelas kontrol dari 53,67 menjadi 63,19. (2) Dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning peserta didik dituntut untuk aktif berinteraksi dab berbagi pengetahuan dengan teman kelompoknya, sehingga kemampuan berpikir siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. (3) Model Problem Based Learning berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Hal ini ditunjukkan dari hasil uji hipotesis, kemampuan berpikir kritis siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol yang memiliki nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05. Model Problem Based Learning memiliki kontribusi yang relatif tinggi terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan agar guru menerapkan Model Problem Based Learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa, mengingat pentingnya keterlibatan siswa dalam proses pemecahan masalah sehingga proses belajar mengajar menjadi lebih menyenangkan.