SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Kerjasama Sekolah dan Orang Tua dalam Pendidikan Karakter Disiplin di SMA Negeri 1 Pandaan

Ayu Pratiwi

Abstrak


Pendidikan karakter terutama pendidikan karakter disiplin tidak akan berjalan dengan lancar apabila tidak ada kerjasama sekolah dan orang tua. Kerjasama ini dilakukan agar terjadi proses yang berkesinambungan dalam menstimulasi perkembangan siswa baik di sekolah maupun di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan tentang: (1) pelaksanaan pendidikan karakter disiplin; (2) pelaksanaan kerjasama sekolah dan orang tua dalam pendidikan karakter disiplin; (3) faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan kerjasama sekolah dan orang tua dalam pendidikan karakter disiplin; (4) upaya untuk mengatasi faktor penghambat pelaksanaan kerjasama sekolah dan orang tua dalam pendidikan karakter.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan jenis kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PA, siswa, dan orang tua siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, dokumentasi dan observasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan model analisis interaktif. Data diuji keabsahannya melalui triangulasi sumber.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)  pelaksanaan pendidikan karakter disiplin terdapat dua yaitu pelaksanaan pendidikan karakter di sekolah dan di kelas; (2) pelaksanaan kerjasama sekolah dan orang tua meliputi komunikasi dengan orang tua; kunjungan guru ke rumah orang tua siswa atau home visit, pengambilan raport sebagai sarana kerjasama antara guru dan orang tua, keterlibatan orang tua pada pendidikan karakter disiplin anak di rumah(3) faktor pendukung meliputi guru, orang tua dan siswa mempunyai tujuan yang sama dalam pendidikan karakter disiplin, danya keterbukaan antara guru dan orang tua, tersedianya sarana dan prasarana di sekolah, menciptakan suasana yang nyaman. Faktor penghambat terdapat dua yaitu internal dan eksternal (4) Upaya untuk mengatasi faktor penghambat meliputi undangan dinas dari sekolah, mencarikan waktu yang tepat untuk melakukan kerjasama.

Diharapkan kepada pihak sekolah dan orang tua untuk meningkatkan kerjasamanya terutama dalam pendidikan karakter disiplin.