SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PERANAN PADUAN SUARA NARWASTU DALAM MELESTARIKAN LAU-LAGU YANG MENGANDUNG NILAI CINTA TANAH AIR INDONESIA

Mustikasari Leli Febriani

Abstrak


Febriani, Mustikasari Leli. 2016.Peranan Paduan Suara Narwastu dalam Melestarikan Lagu-lagu yang Mengandung Nilai Cinta Tanah Air Indonesia. Skripsi, Program Studi S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Hukum Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. H. A. Rosyid Al Atok, M.Pd., M.H., (II) Drs. Margono, M.Pd., M.H.

Kata kunci: Paduan Suara, Lagu, Cinta Tanah Air

Cinta tanah air adalah rasa dimana kita mengormati dan bangga akan Indonesia. Penanaman cinta tanah air sudah ada sejak kita dilahirkan hingga nanti kita mati di Negara Indonesia. Cara Penanaman cinta tanah air biasanya berbeda-beda, hal ini bisa dilakukan dimana saja, dirumah, disekolah,atau dilingkungan-lingkungan social. Tetapi pada saat ini kecintaan kita terhadap tanah air sudah sedikit demi sedikit memudar, hal ini dikarenakan banyaknya kebudayaan-kebudayaan dari luar yang sudah masuk dinegara Indonesia. Salah satunya yang mudah sekali kita temui adalah music. Music-musik yang sering kita dengarkan adalah jenis music-musik yang tentang kehidupan sehari-hari. Di jaman ini sudah jarang dinyanyikan nya lagu-lagu kebudayaan atau nasionalisme yang berkaitan tentang kecintaan kita terhadap tanah air. Paduan suara adalah salah satu grup bernyanyi yang sering kita dengarkan dengan acapella atau orchestra. Biasanya paduan suara adalah jenis yang masih bisa melestarikan lagu-lagu yang berkaitan dengan kecintaan tanah air Indonesia. Tetapi fenomena pada saat ini menunjukkan bahwa paduan suara juga mulai bersifat acuh terhadap lagu-lagu yang mengandung nilai cinta tanah air. Salah satu paduan suara Narwastu Singers yang ada dikota malang yang saya teliti ternyata masih terus mempertahankan lagu-lagu kebudayaan. Berkaitan dengan itu diperlukan pembahasan mengenai peranan paduan suara dalam melestarikan lagu-lagu yang mengandung nilai cinta tanah air Indonesia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mendeskripsikan beberapa hal yang mencakup a) upaya paduan suara Narwastu Singers dalam melestarikan lagu-lagu yang mengandung nilai cinta tanah air Indonesia; b) kendala yang dihadapi paduan suara Narwastu Singers dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui lagu-lagu yang mengandung nilai cinta tanah air; c) cara paduan suara Narwastu Singers mengatasi kendala dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui lagu-lagu yang menngandung nilai cinta tanah air.

Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan menggunakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa instrumen manusia, yaitu peneliti sendiri. Subyek penelitian ini adalah ketua paduan suara Narwastu Singers, Pelatih paduan suara Narwastu Singers, Anggota paduan suara Narwastu Singers. Untuk menjaga keabsahan data, dilakukan data analisis.

Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diperoleh tiga simpulan hasil penelitian sebagai berikut. (1) Upaya paduan suara Narwastu dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air yaitu dengan menyanyikan lagu-lagu kebudayaan atau nasionalisme yang ada di Inodnesia, faktor-faktor pendukung upaya pelestarian ini salah satunya memahami isi lagu atau sejarah dari lagu tersebut juga pengupayaan sikap anggota dalam membawakan lagu tersebut.

(2) Kendala yang dihadapi dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui lagu-lagu yang mengandung nilai cinta tanah air yaitu kendala kurang waktu latian, sehingga waktu yang terpakai biasanya digunakan hanya untuk mempelajari lagu, latar belakang keturunan yang berbeda,antara ras tionghoa dan ras pribumi. karena rata-rata anggota paduan suara adalah keturunan tionghoa. Kurang nya program-program penampilan yang kurang menantang juga menjadi kendala dari paduan suara ini. (3) cara mengatasi kendala dalam menumbuhkan rasa cinta tanah air melalui lagu-lagu yaitu dengan mendatangkan ahli sejarahwan atau pakar-pakar kebudayaan. Ini bertujuan supaya lagu yang akan dibawakan dapat sesuai dengan arrtinya, selain itu juga dengan memperlihkan video-video tentang sejarah di masa lalu dimana masyarakat Indonesia memperebutkan Indonesia dengan mati-matian.