SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN SUMBER BELAJAR MENGGUNAKAN COMPACT DISK (CD) INTERAKTIF PADA PEMBELAJARAN PPKn MATERI TATA URUTAN PERATURAN PERUNDANG UNDANGAN NASIONAL KELAS VIII SMP NEGERI 2 MALANG

Nita Puji Wardani

Abstrak


ABSTRACT

 

Wardani, Nita Puji. 2016. Pengembangan Sumber Belajar Menggunakan CD Interaktif pada Pembelajaran PPKn Materi Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan Nasional Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Ilmu Sosial. Pembimbing: (I) Dr. Sri Untari, M.Si. (II) Hj. Yuniastuti S.H, M.Pd.

Kata kunci: Pengembangan, Sumber Belajar, CD Interaktif, Tata Urutan Peraturan Perundang Undangan Nasional.

Seiring dengan upaya peningkatan mutu pendidikan, inovasi pembelajaran merupakan salah satu hal yang mendapat perhatian diantaranya adalah sarana penunjang pembelajaran. Inovasi pembelajaran digunakan untuk mencapai tujuan pendidikan serta untuk memecahkan masalah pendidikan. Banyak faktor yang berpengaruh dan berperan dalam mencapai tujuan pembelajaran, salah satunya adalah sumber belajar yang digunakan dan media pembelajaran yang menunjang kegiatan belajar mengajar. Pada saat ini sumber belajar peserta didik bisa berupa buku dan juga adanya perkembangan teknologi multimedia dan internet yang turut membantu jalannya pembelajaran. Dunia pendidikan umumnya menggunakan pendekatan klasikal yaitu dengan metode ceramah dan penugasan yang cenderung lebih mudah membuat peserta didik bosan sehingga kurang konsentrasi terhadap materi yang disampaikan oleh guru. Mengingat adanya kelemahan tersebut maka perlu diadakannya inovasi dalam pembelajaran, diantaranya adalah dengan melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran yang efektif serta dengan membuat pengembangan sumber belajar dan media pembelajaran yang mampu memberikan hasil belajar yang optimal bagi peserta didik.

Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dilakukan sebuah penelitian pengembangan sumber belajar PPKn berbasis multimedia interaktif pada materi tata urutan peraturan perundang undangan nasional untuk kelas VIII SMP. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengembangkan sumber belajar yang valid dan dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran, sehingga matapelajaran PPKn tidak menjenuhkan dan membuat peserta didik menjadi lebih aktif, serta memotivasi guru menjadi lebih kreatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini mengacu pada model pengembangan research and development Borg & Gall yang terdiri dari 10 langkah, namun peneliti tidak menggunakan secara keseluruhan dan hanya menggunakan 7 langkah saja. Langkah-langkah penelitian dan pengembangan meliputi: (1) penelitian dan pengumpulan informasi awal; (2) perencanaan produk; (3) pengembangan produk awal; (4) validasi ahli media, materi, dan praktisi pembelajaran; (5) revisi produk; (6) uji lapangan; (7) revisi produk akhir.

Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah sebuah produk pengembangan sumber belajar berupa CD interaktif materi tata urutan peraturan perundang undangan nasional untuk kelas VIII SMP yang dapat dioperasikan pada komputer yang menggunakan sistem operasi Windows dan memiliki CD ROM, produk yang dihasilkan juga dilengkapi dengan buku petunjuk penggunaan. Produk yang dihasilkan memuat tentang (1) kompetensi inti; (2) kompetensi dasar; (3) indikator pencapaian; (4) materi belajar; (5) video pembelajaran; (6) uji kompetensi; (7) permainan; (8) profil pengembang.

Produk pengembangan berupa CD interaktif ini dapat digunakan pada saat kegiatan belajar mengajar di sekolah maupun belajar secara mandiri, hal tersebut dapat dibuktikan dari hasil validasi ahli, praktisi dan uji coba lapangan yang dilakukan oleh peneliti. Tingkat kelayakan yang diperoleh dari hasil validasi ahli media mencapai 93,75% yang berarti memiliki kriteria sangat layak. Kemudian tingkat kebenaran materi yang diperoleh dari hasil validasi ahli materi mencapai 90% yang berarti memilik kriteria sangat layak. Sedangkan tingkat kelayakan yang diperoleh dari hasil validasi praktisi pembelajaran mencapai 97,6% yang berarti memiliki kriteria sangat layak. Selain melakukan validasi produk, peneliti juga melakukan uji coba lapangan yang terdiri dari uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar. Tingkat kelayakan yang diperoleh pada uji coba kelompok kecil mencapai 88% yang berarti memiliki kriteria sangat layak. Kemudian pada uji coba kelompok besar tingkat kelayakan yang diperoleh mencapai 85,6% yang berarti memiliki kriteria sangat layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan hasil angket dan uji coba lapangan secara keseluruhan produk pengembangan berupa CD interaktif materi tata urutan peraturan perundang undangan nasional kelas VIII  SMP ini dapat dinyatakan sangat layak, menarik, dan efektif.

 

Saran untuk pengembang selanjutnya bisa mengembangkan produk media pembelajaran berbasis multimedia dengan menggunakan CD interaktif pada meteri yang lain dan pada mata pelajaran lainnya. Produk ini juga terbatas pada tingkat kelayakan, pengembang selanjutnya bisa melakukan penelitian lebih lanjut untuk menguji tingkat keefektifannya. Pengembang selanjutnya juga dapat mengembangkan produk ini sehingga bisa dijalankan dengan sistem operasi lain sesuai dengan perkembangan teknologi dan menambahkan animasi atau unsur-unsur pendukung yang lebih menarik.