SKRIPSI Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2015

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penanaman Semangat Nasionalisme Pancasila Melalui Gerakan Saka Wira Kartika Di Komando Rayon Militer (KORAMIL) 0819/07 Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan

Eni Susilowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Susilowati, Eni. 2015. Penanaman Semangat Nasionalisme PancasilaMelalui Gerakan Saka Wira Kartika di Komando Rayon Militer (Koramil) 0819/07 Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan. Skripsi, Jurusan Hukum dan Kewarganegaraan, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Ketut Diara Astawa, M. Si (II) Dr. H. Mohamad Yuhdi Batubara, SH, MH

 

Kata Kunci: SemangatNasionalisme, Pancasila, Saka Wira Kartika,

 

Saka Wira Kartika adalah wadah kegiatan bagi pramuka penegak dan pramuka pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan dibidang matra darat. Membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, sedangkan Nasionalisme adalah suatu rasa cinta tanah air yang dimiliki suatu masyarakat atau bangsa yang mempunyai kesamaan kebudayaan, dan wilayah serta kesamaan cita-cita dan tujuan, dan memiliki rasa kesetiaan yang mendalam terhadap bangsa sendiri. Penanaman semangat nasionalisme pada diri generasi penerus bangsa sangatlah diperlukan, karena nasionalisme lahir dari budaya dan karakter yang memiliki mental dan kepribadian warga negara indonesia. sehinggamemunculkanmasalahyaitu : (1) Bagaimanakah bentuk-bentuk program kegiatan anggota Saka Wira Kartika di Komando Rayon Militer (Koramil) 0819/07 Kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan; (2) Bagaimanakah pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika dalam menanamkan semangat nasionalisme Pancasiladalam diri para anggotanya; (3)Apa saja faktor penghambat pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika dalam menanamkan semangat nasionalismePancasila dalam diri anggotanya; (4) Bagaiamana cara mengatasi faktor penghambat pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika dalam menanamkan semangat nasionalismePancasila dalam diri anggotanya.

Penelitian ini bertujuan untukmendeskripsikan: (1) Bentuk  program kegiatan Saka Wira Kartika; (2) pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika; (3) Faktor penghambat pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika; dan (4) Cara mengatasifaktor penghambat pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika.

Penelitianinimenggunakanpendekatankualitatif, denganjenis penelitiandeskriptif.Pengumpulan data dilakukandenganmenggunakanteknikobservasi, wawancara,dandokumentasi.Data penelitian yang berupadokumentasidanhasilwawancaradenganbeberapainforman yaituPamong Saka Wira Kartika, Instruktur Saka Wira Kartika, dananggotaSaka Wira Kartika. Kegiatananalisis data denganmenggunakanmodel analisis interaktif, dimulaidaritahap(1) reduksi data;(2) penyajian data; dan(3) penarikan kesimpulan.

Hasilpenelitianmenunjukkanbahwa (1) Bentuk  program kegiatan Saka Wira Kartika yaitu latihan rutin, pelantikan dewan kerja saka, masa orientasi saka, bakti sosial, dan refreshing; (2) Pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartikayaitu latihan rutin, dengan materi kepramukaan, latihan baris-berbaris dan tali-temali; pelantikan dewan kerja saka yang diisi dengan penyerahan tanda kehormatan dewan kerja saka, pembacaan tri satya dan dasa dharma pramuka dengan menyematkan Sang Saka Merah Putih di dada; masa orientasi saka yang diisi dengan kegiatan outbond untuk melatih kekompakan anggota; dan bakti sosial di lingkungan masyarakat sekitar Koramil yang diisi dengan kegiatan membagikan baju dan buku-buku bekas yang layak pakai. (3) kendala dalam pelaksanaan program kegiatan Saka Wira Kartika yaituWaktudanalattransportasi;Kesibukan Pembina dan penyampaian materi yang kurang menarik;  Kurang saranadanprasarana; Keadaan cuaca dan penilaian masyarakat. (4) upaya untuk mengatasi kendala pelaksanaan program kerja kegiatan Saka Wira Kartika yaitu : Memberikan motivasi dan variasi kegiatan;Mengikut sertakan anggota saka dalam kegiatan Instruktur Saka; Menjaga komunikasi dengan pembina dan anggota Saka Wira Kartika; Memperbanyak aksi bakti sosial.

BerdasarkanHasil penelitian dapatdisimpulkanPenanaman semangat nasionalisme Pancasila melalui gerakan Saka Wira Kartika di Komando Rayon Militer (Koramil) 0819/07 kecamatan Lekok, Kabupaten Pasuruan dapat menanamkan semangat nasionalisme Pancasila dalam diri anggotanya. keberhasilan  ini dapat dilihat dari sikap dan tingkah laku anggota Saka Wira Kartika yaitu  anggotaSakaWiraKartikamemilikisikap disiplin, bertanggung jawab, mempunyai mental yang kuat, danmandiri, sertadapatmenjaga dan melestarikan alam IndonesiasesuaidenganDhasa Dharma Pramukapoinketigayaitucintaalamdankasihsayangsesamamanusia, kekompakan dan rasa persaudaraan yang ditanamkan dalam diri anggota saka mampu membangun rasa persatuan dan kesatuan, serta  dapat menghormati bendera Merah Putih dan saling menghormati antar anggota saka yang lain.