SKRIPSI Jurusan Geografi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang

Anna Faizah

Abstrak


ABSTRAK

 

Faizah, Anna. 2010. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Geografi Siswa Kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang. Skripsi, Jurusan Geografi, FIS Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Sudarno Herlambang, M.Si, (II) Drs. Dwiyono Hari Utomo, M.Pd, M.Si

 

Kata kunci: Penerapan, Model Numbered Heads Together (NHT), hasil belajar.

 

Pembelajaran IPS geografi yang dilakukan di SMP Negeri 10 Malang memiliki Standar Ketuntasan Minimal (SKM) ≥ 66. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru geografi SMP Negeri 10 Malang, menunjukkan nilai rata-rata dan ketuntasan belajar siswa kelas VIII H rendah yaitu sebesar 48% siswa. Ketuntasan belajar tersebut menunjukkan bahwa siswa yang mendapat nilai kurang dari 66 sebanyak 19 siswa dan siswa yang mendapat nilai ≥ 66 sebanyak 21 siswa, sehingga ketuntasan belajar siswa kelas VIII H masih rendah dalam pembelajaran geografi. Salah satu solusi yang dipergunakan dalam mengatasi permasalahan ini, adalah menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together Jenis penelitian yang digunakan ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan pendekatan kualitatif, yaitu untuk mendeskripsikan peristiwa-peristiwa sebagaimana terjadi secara alami, melalui pengumpulan data dan data alami. Penelitian tindakan kelas (PTK) merupakan suatu bentuk kajian yang bersifat refleksi oleh pelaku tindakan yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan rasional dari tindakan-tindakan yang dilakukan untuk memperbaiki kondisi-kondisi dimana praktek-praktek pembelajaran itu dilakukan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar geografi siswa pada kompetensi mendeskripsikan permasalahan kependudukan dan dampaknya terhadap pembangunan kelas VIII H SMP Negeri 10 Malang melalui penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai dari pra tindakan ke siklus 1 dan siklus 1 ke siklus 2. Rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan sebesar 63, 125 pada siklus 1 meningkat menjadi 71, 425 dan pada siklus 2 meningkat menjadi 80, 375. Ketuntasan belajar juga mengalami peningkatan, pada proses pembelajaran pra tindakan sebesar 47% siswa, siklus 1 sebesar 73%, dan pada siklus 2 menjadi 90%.

Dari hasil penelitian ini, disarankan bagi guru geografi dapat meningkatkan kegiatan pembelajaran dengan pengelolaan kelas yang baik agar menjadi lebih kondusif. Selain diharapkan bisa memanajemen waktu dan kesiapan untuk proses pembelajaran. Untuk penelitian lanjutan model ini perlu diterapkan pada kelas, sekolah dan materi yang berbeda untuk dapat meningkatkan hasil belajar.